Teungkap Varian Baru Genetik Mutasi Murai Batu (Multiple Alleles) Golden Shama

KONFRONTASI -   Dalam dunia burung, mutasi warna bulu tidak hanya terjadi pada Lovebird, Murai Batu pun juga ada mutasi warna bulu seperti yang sering kita temui yaitu Murai Batu Blorok dan Murai Batu Albino. Namun kali ini ada varian baru genetic mutasi Murai Batu yang lagi viral yaitu Golden Shama (Gen Multiple Alleles).

Golden Shama Wolverine in action

Golden Shama yang Original memiliki warna mata gelap, sedangkan Albino atau Creamno/Ino memiliki warna merah. Genetik Golden Shama bukan dihasilkan dari silangan antar indukan normal (Split), melainkan dari hasil kombinasi silangan antara dua gen mutasi yang berbeda menjadi gen Multiple Alleles. Dengan dua jenis indukan mutasi yang unik menghasilkan warna Gold 100% (tidak ada gen split yang dihasilkan).

Golden Shama Wolverine tampak samping

Sementara di Indonesia Varian Golden Shama hanya ada 4 ekor, salah satu anakan pertamanya dimiliki Om Agung Budiman Jogja yaitu Golden Shama Wolverine. Untuk irama lagu, volume serta fighter seperti Murai Batu pada umumnya. Bahkan om Agung Budiman memasteri dengan burung-burung kecil serta Cililin. Saat mengikuti kontes di Asia Cup IV Nganjuk yang bekerjasama dengan Siam Shama Association Thailand pada 24 November 2019 lalu. Golden Shama Wolverine meraih Juara 1 The Best Mutation Shama Indonesia. Terakhir masalah harga tentunya sudah selangit karena Golden Shama ini Asli alias bukan semiran dan hanya ada 4 ekor di Indonesia.

Murai Batu Golden Shama yang lagi viral dengan harga fantastik

Bila ingin lebih tau masalah Murai Batu Golden Shama/  Murai Batu mutasi Silahkan join ke Facebook : Group Murai Batu Mutasi (MBMI)/ BSM BF Bandung. (TOBIL)

Golden Shama Wolverine milik Agung Budiman Jogja Juara 1 di Asia Cup IV. (Jft/MEDIABNR)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA