Terlalu, Wanita Tunawicara Korban Pemerkosaan Sempat Diusir dari Desa

Konfrontasi - Nasib malang dialami wanita berinisial R yang menjadi korban pemerkosaan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Perempuan 19 tahun itu tunawicara, tak mampu menceritakan apa yang terjadi sebenarnya.

Bahkan, setelah diketahui hamil, ia sempat diusir dari dusunnya. Kepala desa setempat yang sebelumnya menampung korban mengusir wanita yatim piatu itu.

Korban yang tak bisa lagi tinggal di rumah kepala desa, mencoba pulang ke rumah neneknya. Namun, karena kehamilannya di luar nikah, ia juga tak diterima oleh keluarganya.

Ia pun mencoba mencari keadilan. Pada 18 Oktober 2018 lalu, ia melaporkan apa yang dialaminya ke Polres Kabupaten Gowa. Namun, polisi sulit untuk mendapatkan keterangan dari korban yang tunawicara. Ia tak mampu menyebut siapa pelaku yang memperkosanya. 

Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Gowa, Aiptu Hasmawati menjelaskan, korban selama mengandung dirawat di shelter atau rumah aman di Kota Makassar. Unit PPA Polres Gowa dibantu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar merawat korban.

"Kepala desa dan nenek korban sudah tidak mau merawat karena kehamilannya," ujar Hasmawati dikutip dari VIVA, Minggu, 31 Maret 2019.

Empat bulan menjalani perawatan kehamilan, Februari 2019 lalu, bayi yang dikandung korban pun lahir dengan sehat. Kelahiran bayi tersebut membuat pihak Polres Gowa memulai langkah penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut. 

Hasil tes DNA, pihak Kedokteran Forensik Polda Sulsel pun berhasil mengungkap ayah biologis dari bayi tersebut. Berdasarkan bukti tersebut, pelaku diduga bernama Makku Dg Tutu (38). Pelaku diketahui tinggal seatap dengan korban di rumah kepala desa. 

"Korban ini yatim piatu, sejak umur 9 tahun ditampung oleh kepala desa. Namun karena kehamilannya, dia diusir. Pelaku diketahui merupakan pengasuh korban dan memang tinggal serumah. Buktinya berdasarkan hasil tes DNA," ujar Hasmawati.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...