25 November 2017

Sudah Tahu Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan? Wow, Dahsyat Sekali!

KONFRONTASI -     Manfaat daun afrika belum banyak diketahui oleh masyarakat kita. Padahal daun afrika memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai penyakit bisa diobati dengan menggunakan herbal tanaman daun Afrika.

Manfaat daun afrika tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan nutrisi daun afrika antara lain seperti asam fenolat, asam lemak, vitamin, asam esensial, minyak khas, zat antioksidan, zat anti inflamasi dan berbagai sumber mineral.

Pantas saja ada banyak manfaat daun afrika untuk kesehatan, nutrisinya saja sangat lengkap. Daun ini sendiri sudah banyak digunakan dan diracik sebagai herbal oleh ahli pengobatan dari berbagai negara seperti China, India, Afrika, Australia dan negara lain. Sementara untuk negara kita memang belum seterkenal daun sirsak atau daun sirih.

Mudah-mudahan, lama-kelamaan manfaat daun afrika semakin dikenal masyarakat kita, karena ternyata daun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes, insomnia, menrunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.
Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan
25 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Stroke, Sampai Mencegah Kanker
Berikut ini 25 manfaat daun afrika untuk kesehatan yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber yang bisa anda jadikan sebagai referensi:
1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah
Manfaat daun afrika yang pertama adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebagaimana kita ketahui, jika kolesterol dalam darah kita tinggi maka aliran darah akan terganggu yang mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung mendadak atau stroke.

Nah, daun afrika sangat bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi dalam darah atau LDL, anda cukup meminum air rebusan daun afrika dengan teratur. Untuk menghilangkan rasa pahit dari daun afrika, anda bisa menambahkan madu dan juga jeruk nipis atau jeruk lemon agar rasanya lebih segar.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat daun afrika yang kedua adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Banyak orang yang berusia di atas 50 tahun menderita tekanan darah tinggi, akibatnya tentu saja gampang marah, emosi tidak terkontrol dan bisa mengakibatkan stroke dan berujung pada kematian. untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda bisa menggunakan herbal rebusan daun afrika
3. Mengatasi Insomnia
Daun afrika juga bisa membantun anda untuk mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan daun afrika memiliki efek relaksasi. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun afrika, bisa menggunakan daun afrika segar ataupun daun afrika. Minum air rebusan tersebut sebelum anda tidur. Lakukan hal tersebut selama insomnia belum membaik.
4. Mengobati Perut Kembung
Jika anda mengalami perut kembung atau yang sering dikenal juga dengan istilah bergas, nah daun afrika bisa membatun anda untuk mengatasinya. Untuk mengobati kondisi perut yang demikian, gunakan daun afrika yang di seduh dengan air panas lalu diminum. Bisa juga dengan ditambahkan madu untuk mengurangi rasa daun afrika yang pahit.
5. Mencegah Penyakit Stroke
Nah, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, daun afrika juga berkhasiat untuk mencegah penyakit stroke,daun ini bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh, menjaga kelancaran darah dan mencegah penyempitan atau pembengkakan pembuluh darah di otak yang bisa menyebabkan stroke.
6. Menurunkan Gula Darah
Manfaat daun afrika yang tidak kalah luar biasanya adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah, hal ini tentu sangat baik sekali apalagi untuk pencerita diabetes. Nah, anda dianjurkan untuk meminum rebusan daun afrika bisa membantu menormalkan kadar gula darah yang sudah tinggi tersebut.
7. Membantu Mengobati Penyakit Diabetes
Nah ini dia manfaat daun afrika yang sangat luar biasa, yaitu dapat mengobati penyakit diabetes. Banyak yang sudah membuktikan jika dengan meminum rebusan daun afrika secara rutin bisa menyembuhkan diabetes. Bahkan pada beberapa pasien yang akan menjalani amputasi karena pembusukan yang diakibatkan diabetes, dapat diselamatkan dengan rutin meminum air rebusan daun afrika.
8. Mengobati Radang Persendian
Daun afrika juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi radang sendi atau rematik. Caranya sangat mudah sekali, cukup dengan meminum teh atau air rebusan dari daun afrika bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian. Jangan lupa untuk meminum air rebusan daun afrika secara rutin agar rematik pun segera sembuh.
9. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Hati
Daun afrika juga berkhasiat untuk mengurangi resiko terkena kanker hati. hal ini dikarenakan daun afrika dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Hal ini membuat manfaat daun afrika, dapat digunakan sebagai obat herbal yang sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit kanker salah satunya adalah penyakit kanker hati.
10. Mengobati Batuk
Daun afrika juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi batuk, caranya sangat mudah sekali, yakni:

    ambil daun afrika beberapa lembar
    cuci hingga bersih lalu bisa langsung dikunyah
    Atau, agar rasa pahitnya sedikit berkurang, seduh daun afrika dengan air panas
    lalu air seduhan tersebut diminum selagi hangat
    Minum seduhan daun afrika secara teratur hingga batuk mereda.

11. Mengobati Demam Panas
Anak anda mengalami panas tinggi? Manfaatkan daun afrika untuk menurunkannya. Anda dapat menyeduh daun afrika untuk diminum. Sama seperti pada penggunaan daun afrika untuk obat batuk, manfaat daun afrika yang digunakan adalah daun afrika segar dan jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu.Selain anak, remaja atau orang dewasa juga baik.
12. Menrunkan Demam Panas
Daun afrika juga dapat anda manfaatkan untuk menurunkan demam panas. Sama seperti pada penggunaan daun afrika untuk obat batuk, manfaat daun afrika yang digunakan adalah daun afrika segar dan jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu.
13. Mengatasi Kesemutan
Anda sering mengalami kesemutan? Nah itu merupakan indikator bahwa aliran darah mengalami penyumbatan. Kesemutan yang demikian itu sebenarnya tidak berbahaya pada kesehatan. Tapi jika dibiarkan, kesemutan yang terus menerus bisa menjadi pertanda jika anda mengalami penyakit yang mungkin lebih serius. Disini, manfaat daun afrika bisa membantu anda untuk meredakan dan mengurangi frekuensi kesemutan. Bahkan jika anda meminumnya secara rutin, gejala kesemutan pun bisa sembuh sama sekali.
14. Mengobati Sakit Kepala
Selain mengobat batuk, manfaat daun afrika yang lain adalah untuk mengobati sakit kepala. Kandungan yang terdapat di dalam daun afrika juga ternyata bisa menjadi obat sakit kepala yang mujarab. Caranya adalah dengan merebus daun afrika dengan kurang lebih dua gelas air, lalu hasil rebusan tersebut diminum setelah dingin.
15. Mengobati Infeksi Tenggorokan
Daun afrika juga dapat anda gunakan untuk mengatasi infeksi pada tenggorokan anda. Hal ini karena di dalam daun afrika, terdapat sejenis zat yang mampu untuk membunuh virus, bakteri ataupun kuman penyebab terjadinya infeksi. Minum secara teratur rebusan daun afrika, dan infeksi anda pun akan segera sembuh.
16. Melancarkan BAB
Masalah buah air besar juga dapat diatasi dengan menggunakan herbal daun afrika. Atasi masalah BAB anda dengan meminum rebusan daun afrika.
17. Mengeluarkan Racun dari Tubuh
Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa daun afrika memiliki dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Toksin dan radikal bebas menjadi penyebab penyakit yang sangat berbahaya seperti stroke atau kanker. Kandungan di dalam daun afrika sangat berguna untuk mengusir toksin maupun radikal bebas di dalam tubuh.
18. Menyehatkan Organ Pencernaan
Selain dapat mengatasi susah buang air besar, daun afrika juga dapat anda manfaatkan untuk menyehatkan organ pencernaan seperti usus atau lambung. Daun ini dapat mencegah dan mengobati infeksi pada lambung atau usus. Seduh atau rebus daun afrika kering tersebut lalu minum.
19. Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat daun afrika yang sangat luar biasa juga yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Berbagai perusak sel sehat bisa masuk ke tubuh manusia melalui berbagai cara seperti zat makanan, zat polutan atau gaya hidup yang tidak baik. Hal ini bisa meningkatkan tumbuhnya sel kanker yang tidak bisa dideteksi dengan mudah karena biasanya tidak menyebabkan rasa sakit pada awal gejala.

Sebagai pencegahan maka Anda bisa mengolah daun afrika segar menjadi teh. Rebus daun afrika segar dengan tiga gelas air, biarkan mendidih dan sisakan hingga 1 gelas. Minum rebusan air daun afrika jika sudah dingin.
20. Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat mengintai siapa saja. Anda dapat mencegah penyakit jantung dengan meminum rebusan dari daun afrika yang sudah kering ternyata meningkatkan senyawa pencegah penyakit jantung menjadi lebih maksimal. Senyawa yang terdapat dalam daun afrika bisa meluruhkan plak dalam pembuluh darah ke jantung.
21. Mengobati Malaria
Penyakit malaria sulit atau bahkan tidak bisa disembuhkan, ternyata tidak sepenuhnya benar. Ada banyak tanaman herbal yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati malaria, selain dapat menggunakan daun pepaya anda juga dapat menggunakan daun afrika. Gejala penyakit ini pada awalnya tidak terlihat karena seperti flu biasa, namun bisa sangat berbahaya jika virus sudah masuk ke tubuh. Gejala lebih parah biasanya ditunjukkan dengan rasa menggigil dan nafsu makan menurun.
Cara Penggunaan

    Rebus satu genggam daun afrika kering dengan 5 gelas air,
    sisakan hingga 1 gelas,
    saring kemudian minum.
    Jika rasanya terlalu pahit maka Anda bisa menambahkan madu.

22. Menurunkan Berat Badan
Nah ini tentu merupakan kabar baik bagi anda yang sedang menjalani program diet. Manfaat daun afrika untuk diet ternyata juga sangat luar biasa.Berat badan berlebih disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlemak tinggi, metabolisme tidak lancar juga karena kurang olahraga.

Untuk membantu menurunkan berat badan maka Anda bisa memakai air dari rebusan daun afrika kering. Minum teh ini secara rutin, mengurangi konsumsi lemak dari hewan dan olahraga secara teratur. Dengan cara ini maka Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.
23. Memberikan Istirahat Lebih Berkualitas
Jika anda mengalami masalah dengan tidur anda seperti tidur tidak nyenyak atau tidak berkualitas, anda bisa memanfaatkan daun afrika untuk mengatasinya. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa membuat teh dari daun afrika kering. Minum satu gelas rebusan daun afrika kering sebelum tidur. Kandungan senyawa pada daun afrika bisa membantu mengatur otak dan sistem motorik agar tubuh bisa istirahat dengan baik.
24. Mengatasi Gangguan Diuretik
Bagi kaum lanjut usia, gangguan diuretik sangat sering sekali terjadi. Nah bagi anda sebagai anak, anda bisa membuatkan orang tua anda herbal dari daun afrika.

Oh ya, gangguan diuretik bisa menyebabkan seseorang sulit untuk buang air. Akibatnya maka bisa menyebabkan gangguan penyakit pada saluran kencing. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan konsumsi satu gelas air dari rebusan daun afrika yang masih segar. Namun jika keluhan sudah berkurang sebaiknya juga hentikan pengobatan.
25. Menormalkan Fungsi Paru-Paru
Manfaat daun afrika yang terakhir dari kami adalah untuk menormalkan fungsi paru-paru. Dengan mengonsumsi daun afrika dapat menghilangkan racun, dan dapat membantu bekerja secara normal.

Sangat luar biasa sekali bukan manfaat daun afrika. Nah, segera tanam tanaman herbal yang satu ini dipekarangan rumah anda agar anda bisa memanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lainnya agar yang lain juga bisa memanfaat daun afrika untuk mengatasi masalah kesehatan mereka.(Juft/Manfaat Daunan)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...