Sofyan Djalil mengaku harta miliknya Rp52,8 miliar. Bagi Dong !

JAKARTA-Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Sofyan Djalil mengaku harta miliknya senilai Rp52,8 miliar dan dalam bentuk dolar 580 ribu. Namun dia tidak merinci uang dolar dimaksud.

Hal itu diungkapkan Sofyan usai melaporkan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Awalnya, Sofyan yang memakai kemeja putih itu enggan mengungkapkan berapa besaran harta kekayaan yang dimilikinya.

"Ini akan KPK yang akan mengumumkan. Ini kan dokumen publik. Tunggu saja sampai KPK memproses (laporannya) dan mengumumkan," kata Sofyan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Meski memiliki uang puluhan miliar, tapi dia juga punya utang dalam bentuk uang. Dia mengaku mempunyai utang berupa rumah di Kawasan Menteng Dalam, Jakarta sebesar Rp3,5 Miliar. "Ada utang rumah," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, dia kembali menampik belum melaporkan hartanya. Dia mengklaim selalu melaporkan harta kekayaannya ketika menjabat menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri ESDM.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan catatan di laporan harta kekayaan pada 1 November 2004 di situs Komisi Pemberantasan Korupsi, Sofyan diketahui memiliki harta kekayaan mencapai Rp5,2 miliar dan USD91.670.

Kekayaannya itu meningkat jika dibandingkan ketika dia melaporkan hartanya pada 10 Juni 2001. Ketika itu, Sofyan memiliki harta sebesar Rp1,4 miliar dan USD51.000.

Dalam laporan terakhirnya, Sofyan tercatat memiliki aset berupa dua bidang tanah dan bangunan di Kota Depok dengan nilai sebesar Rp500 Juta. Dia juga mempunyai tiga unit kendaraan roda empat yang total harganya mencapai Rp365 juta.

Dia juga mempunyai harta bergerak lainnya berupa logam mulia, batu mulia, barang-barang seni dan antik serta harta bergerak lainnya senilai Rp32 juta.

Aset milik Sofyan yang tercatat cukup signifikan meningkat adalah pada surat-surat berharga. Ketika tahun 2001, delapan surat berharga miliknya hanya nilai Rp18.650.000. Namun pada 2004, Sofyan memiliki 10 surat-surat berharga yang nilainya mencapai Rp2,7 miliar.

Sedangkan untuk aset berupa giro dan setara kas lainnya, Sofyan mempunyai harta senilai Rp1,6 miliar dan USD91.670. [yeh]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...