23 July 2018

Sejumlah Wilayah Jabodetabek Berpotensi Hujan Ringan

Konfrontasi - Beberapa wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi hujan dengan skala ringan antara 5-20 mm per hari atau 0,1-5 mm per jam pada 22-23 September.

"Hujan ringan khususnya berpotensi terjadi pada sore hari di sejumlah wilayah tersebut," ujar Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Romadi, di Jakarta, Senin (22/9).

Menurut dia, hujan yang turun merupakan akibat sirkulasi belokan angin yang terjadi di Jawa Barat sehingga mempengaruhi wilayah sekitarnya.

"Tapi, hal itu belum bisa dikategorikan sekarang ini sudah memasuki musim hujan," katanya.

Beberapa hari ke depan, lanjut dia, hujan ringan juga masih berpotensi terjadi namun skalanya semakin menurun, tidak seperti 22-23 September.

Pihaknya merinci prakiraan cuaca beberapa wilayah di Jabodetabek mulai Senin (22/9) siang hingga Selasa (23/9) pagi, yakni di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Tangerang cuacanya berawan.

Selanjutnya, di Jakarta Selatan, Depok dan Bekasi awalnya berawan hingga hujan ringan, namun malam hari cuaca kembali berawan.

"Di Bogor akan terjadi mulai siang hingga malam hari dengan cuaca berawan hingga hujan ringan," katanya.

Untuk cuaca pada Selasa (23/9), potensi hujan ringan terjadi malam hari di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Depok, Bekasi dan Bogor.

"Khusus untuk Depok dan Bogor potensi hujan ringan turunnya diperkirakan mulai siang," kata Romadi.

Berikutnya, di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Tangerang mulai pagi hingga malam tetap berawan.

Sebelumnya, Sabtu (20/9), di beberapa wilayah di Jakarta pada sore hari diguyur hujan. Kendati dalam beberapa hari ke depan masih berpotensi, namun berdasar analisa potensi rawan banjir, tidak terdapat daerah berpotensi rawan banjir di Ibu Kota. (ant/ar)

Category: 
Loading...