Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga Gunungkidul

Konfrontasi - Intensitas hujan tinggi disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Semin mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Meski tak menimbulkan korban jiwa, tetapi rumah warga mengalami rusak berat.

Kapolsek Semin AKP Sriyadi menuturkan, saat kejadian, yakni Jumat (24/11/2017) pukul 22.00 WIB cuaca hujan gerimis dan angin bertiup tidak begitu kencang. Namun, hujan dan angin yang terjadi sepanjang hari membuat pohon sonokeling berdiameter kurang lebih 150 centimeter itu ambruk menimpa rumah Tukino, di Dusun Papringan, Desa Semin, Kecamatan Semin.

“Korban bersama keluarganya saat itu dalam keadaan tertidur. Tiba-tiba terdengar gemuruh yang membuatnya terbangun. Saat terbangun dan keluar rumah, korban sudah melihat pohon menimpa rumah di bagian samping kanan,” kata dia, Sabtu (25/11/2017).

Beruntung, kamar tempat korban dan keluarganya beristirahat tak tertimpa batang dan ranting pohon yang tumbang. Sehingga meskipun sebagaian rumahnya mengalami rusak parah, tetapi tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Rumah yang rusak di bagian belakang, samping kanan, dan kamar mandi. Perkiraan kerugian mencapai Rp15 juta,” ujar Sriyadi.

Tidak lama berselang, sekitar pukul 23.00 WIB di Dusun Sawur, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, tingginya intensitas hujan juga mengakibatkan sebuah talut ambrol. Talut dengan tinggi lima meter itu ambrol nyaris menimpa rumah milik Senin yang merupakan ketua RT 06, Dusun Sawur.

Kapolsek Ponjong Kompol Tri Pudjo Santoso mengakui di wilayah Ponjong memang terdapat sejumlah titik rawan longsor. Oleh sebab itu, pihaknya kini meminta setiap Bhabinkamtibmas yang bertugas di setiap desa menghimbau warga untuk selalu waspada.

“[Bhabinkamtibmas] harus dapat lebih dekat dengan warga, agar dapat menyerap informasi terkait kerawanan bencana yang terjadi di sejumlah titik,” ungkap dia. (solops/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...