21 August 2018

Peneliti: Konsumsi Makanan Golongan Sehat Meningkat

KONFRONTASI - Menurut penelitian yang dilakukan The Centre for Diet and Activity Researches di University of Cambridge dan telah diterbitkan dalam jurnal Plos One, makanan sehat, seperti buah dan sayuran sehat, harganya lebih mahal daripada makanan tinggi lemak dan gula, seperti makanan instan atau junkfood beku. Namun konsumsi makanan golongan sehat telah meningkat tajam dalam segi harga selama periode 10 tahunan belakangan.

Pada 2002, 1.000 kilo kalori (kcal) makanan sehat biayanya rata-rata £ 5,65 (1 poundsterling= sekitar Rp 19.500). Sedangkan pembelian makanan kurang sehat menghabiskan hanya £ 1,77 untuk jumlah kalori yang sama. Pada 2012 angka ini telah berubah menjadi masing-masing £ 7,49 dan £ 2,50.

"Sejak tahun 2002, harga makanan dan minuman sehat secara konsisten bertambah lebih mahal daripada makanan nonsehat. Tren ini kemungkinan akan membuat diet sehat kurang terjangkau dari waktu ke waktu, dan mungkin akan berimplikasi bagi ketahanan pangan individu dan kesehatan penduduk," ujar salah satu peneliti.

Mereka menambahkan, pemerintah harus selalu melakukan pemantauan harga pangan secara rutin, sehingga tindakan tepat dapat diambil jika makanan sehat menjadi komoditi tak terjangkau bagi penduduk yang berpenghasilan rendah.(Juft/Brt-1)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...