20 June 2018

Mobil Mewah Disulap jadi Tempat Jualan Makanan Ramadhan

KONFRONTASI-Pedagang musiman makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa pada bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah/2014 masehi mulai marak di sejumlah kawasan permukiman penduduk di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pantauan di sejumlah kawasan permukiman penduduk di Kota Palembang, Minggu sore, tampak pedagang musiman itu menggelar dagangan di lapak seadanya hingga menggunakan mobil pribadi yang cukup mewah.

Pedagang makanan dan minuman untuk berbuka puasa atau yang biasa dikenal dengan pedagang pasar bedug itu tampak banyak dijumpai di kawasan permukiman penduduk seperti Jalan Mayor Salim Batubara, Sekip Tengah dan Sekip Ujung, Jalan Kampus POM IX, dan Jalan Diponegroro kawasan simpang Suro pusat penjulan kerajinan khas Palembang.

Dari sekian banyak tempat yang menggelar makanan berbuka puasa itu, pemandangan yang cukup menarik di Jalan POM IX Kampus jalur akses pintu masuk ke mal Palembang Square, karena pedagang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan dengan menggunakan mobil jenis sedan dan minibus.

Dari bagasi mobil pribadi yang tergolong mewah itu, pedagang pasar bedug itu menjajakan aneka jenis kue, kolak, bubur kampiun, pisang hijau, pempek, dan aneka jenis minuman dengan harga bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000 per paket.

Salah seorang pedagang Karina mengatakan, berjualan makanan dan minuman berbuka puasa ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan.

Mobil jenis sedan yang biasa digunakan untuk menunjang aktivitas keluarga sehari-hari, pada bulan Ramadhan ini dialihfungsikan menjadi tempat berjualan pempek, kolak dan kue yang dibuat sendiri oleh saudaranya.

Sementara di kawasan lainnya seperti di Sekip Tengah samping SD Negeri 177 Palembang, tampak pedagang memanfaatkan halaman rumah toko menggelar beraneka jenis lauk pauk, makanan dan minuman berbuka puasa dengan memasang meja dan tenda seadanya.

Menurut Winda pedagang di kawasan tersebut, sejak hari pertama bulan Ramadhan hingga kini pembeli cukup ramai karena masyarakat sudah mengetahui tempat ini setiap bulan puasa menggelar pasar bedug dengan menyediakan aneka jenis makanan dan minuman yang lezat.

Barang dagangan yang digelar di tempat yang dikenal dengan pasar bedug Sekip ini, antara lain lauk pauk seperti sayur nangka dan sayur rebung dijual Rp8.000 per porsi, pindang tulang Rp20.000 per porsi, cumi saus padang Rp20.000 per porsi, kue lapis dan engkak ketan Rp10.000 per paket, kue jongkong Rp5.000 per cangkir, kolak serabi 6.500 per porsi dan es buah Rp5.000 per cangkir, serta pempek kecil Rp1.500 per buah dan pempek telur besar Rp8.000 per buah, kata Winda.(warche)

Category: 
Loading...