Korsel Siaga Satu Corona hingga Trump Marah 14 Warga Pulang

KONFRONTASI -   Kabar mengenai Korea Selatan meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona hingga Presiden Donald Trump marah karena 14 warga terinfeksi corona dipulangkan mengisi kabar internasional, Minggu (23/2).

Korea Selatan Siaga Satu Virus Corona

Pemerintah Korea Selatan meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona (COVID-19) hingga tingkat tertinggi. Keputusan tersebut diambil Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sebab angka korban terdampak dan yang meninggal dunia akibat virus corona terus meningkat pada Minggu (23/2).


Berdasarkan data hingga Minggu (23/2) siang, setidaknya 602 warga Korea Selatan positif terinfeksi virus corona dan lima orang meninggal dunia sejak Rabu (19/2). Ratusan kasus terkonfirmasi pada akhir pekan ini.


Presiden Moon Jae-in mengatakan pemerintah akan memperkuat sistem respons dengan meningkatkan status ke siaga satu, level merah, dan berbicara pada pemerintah antar-lembaga untuk menyikapi penyebaran wabah virus corona.

Hal itu memungkinkan pemerintah mengambil langkah tegas seperti menghentikan kegiatan publik seperti penutupan sementara sekolah.

Melansir Yonhap, hal tersebut pertama kalinya di Korea meningkatkan status waspada terkait virus ke tingkat tertinggi dalam 11 tahun terakhir setelah melawan H1N1 atau yang dikenal dengan flu babi.

Korban Meninggal Virus Corona Capai 2.461 Jiwa

Total korban jiwa akibat wabah virus corona (Covid-19) mencapai 2.461 orang pada Minggu (23/2). Total korban jiwa bertambah di beberapa negara mulai dari China, Korea Selatan, hingga Iran.

Pemerintah Hubei mengonfirmasi penambahan 630 kasus virus corona di Hubei pada Sabtu (22/2), termasuk 32 kasus di penjara. Sehingga, total kasus infeksi virus corona kini mencapai 64.084.
Berdasarkan data Departemen Kesehatan China, sekitar 40.127 pasien masih menjalani perawatan di Hubei. Angka tersebut termasuk 1.845 yang dalam kondisi kritis.

Sementara itu, 15.299 pasien telah kembali ke kediaman masing-masing usai dinyatakan bersih dari virus corona.

Takut Kuman, Trump Marah Warga AS Terpapar Corona Dipulangkan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump marah karena 14 warga AS yang terinfeksi virus corona (COVID-19) dipulangkan ke Negeri Paman Sam pada pekan ini.

Dua pejabat pemerintahan AS mengatakan keputusan tersebut mengejutkan Trump yang mengaku sebagai germaphobia alias memiliki ketakutan berlebih terhadap kuman.

yang telah dikarantina di kapal pesiar Diamond Princess Jepang ke Amerika setelah berkonsultasi dengan pejabat senior Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Namun, keputusan tersebut dipermasalahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dengan alasan kepulangan warga AS terinfeksi virus corona bisa menularkan virus kepada lebih banyak penduduk AS.

Melansir The Strait Times, kemarahan Trump muncul karena dirinya tak mendapat pengarahan terlebih dahulu mengenai warga AS yang terinfeksi virus corona. (jFt/CNN)

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA