Ketahuan Mencuri Uang Rp60 Juta di Brankas, ASN Dinas Pendidikan Dimutasi

Konfrontasi - Seorang pria berseragam aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terekam kamera CCTV sedang mencuri di dalam brankas kantornya. Namun aksi pelaku tak sampai dilaporkan ke polisi.

Dalam rekaman yang beredar, pelaku melakukan aksi pencurian tersebut pada Kamis (23/1/2020) lalu. Oknum ASN berinisial MB tampak sedang mengambil sesuatu di dalam brankas ruangan, Kantor Dinas Pendidikan Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Pengakuan pelaku, dia pernah sebelumnya mengambil sesuatu (uang), lalu setelah beberapa lama dia kembalikan lagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur, Labesse, kepada wartawan Sabtu (25/1/2020).

Dia mengatakan, tak ingin melaporkan kasus ini ke polisi. Karena ingin menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargan dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Selain itu, pelaku diberi sanksi mutasi menjadi staf tata usaha SD.

"Itu sanksi kepada pelaku," ujar dia.

Kasus ini terbongkar setelah bendahara di instansi tersebut membuka rekaman CCTV di ruang kerjanya. Dia pun terkejut mendapati MB masuk ke dalam dan membuka brankas di luar jam kerja.

Begitu dilaporkan, pelaku tak bisa mengelak saat ditanya mengenai dugaan kasus pencurian tersebut. Dia berjanji akan mengembalikan uang yang telah dia curi, sekitar Rp60 juta dengan cara memotong gaji bulanannya. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...