18 November 2018

Inilah Lima Tanda yang Ternyata Gejala Diabetes Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

KONFRONTASI -   Diabetes adalah salah satu jenis penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kondisi nilai kadar gula dalam darah ( glukosa ) dalam tubuh meningkat diatas batas normal. Meski glukosa sangatlah penting peranannya bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel lainnya, namun terlalu tinggi kandungan glukosa dalam darah ternyata dapat berakibat fatal bagi kesehatan manusia.

Tanda Gejala Diabetes

Tanda Gejala Diabetes [ image source ]

Diabetes sendiri ternyata memiliki dua jenis kategori, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang keduanya sama-sama dapat memberikan resiko mengerikan bagi para penderitanya. Berikut ini adalah tanda dari gejala yang jarang diketahui oleh banyak orang akan penyakit diabetes.

1. Adanya Perubahan Aneh Pada Kulit

Adanya Perubahan Aneh Pada Kulit

Adanya Perubahan Aneh Pada Kulit [ image source ]

Nggak hanya melulu dengan tanda fisik seperti gemuk maupun terlalu kurus, tanda diabetes juga dapat dilihat dari kondisi kulit penderitanya. Salah satu tandanya yang paling umum terjadi adalah munculnya bercak gelap dan halus seperti beludru pada area kulit yang biasanya di bagian leher, siku, tulang pangkal jari. Penyebabnya adalah karena kadar insulin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan sel-sel kulit.

2. Penglihatan Menjadi Lebih Jelas

Penglihatan Menjadi Lebih Jelas

Penglihatan Menjadi Lebih Jelas [ image source ]

Memiliki pandangan yang sehat adalah merupakan salah satu harapan yang selalu di inginkan oleh banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa nggak hanya memiliki pandangan buruk saja yang juga menjadi tanda seseorang menderita penyakit diabetes. Tapi juga ketika penglihatan mendadak menjadi lebih jelas atau baik juga bisa menjadi tanda bahwa gula darah dalam tubuh sedang sedang meningkat secara drastis.

3. Sering Merasakan Gatal Tanpa Henti

Sering Merasakan Gatal Tanpa Henti

Sering Merasakan Gatal Tanpa Henti [ image source ]

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah gatal-gatal pada area kulit. Namun bagi kamu yang sering mengalami gatal-gatal tanpa henti di beberapa area bagian kulit mu, maka sebaiknya kamu harus waspada karena hal semacam itu juga bisa menjadi tanda gejala terkena diabetes. oleh sebab itulah jangan sepelekan masalah kulit gatal kepada dokter, dan jangan lupa segeralah cek kondisi gula darah dalam tubuh untuk lebih jelasnya.

4. Pendegaran Mulai Menurun

Pendegaran Mulai Menurun

Pendegaran Mulai Menurun [ image source ]

Mulai mengalami perubahan pada kualitas pendengaran ternyata juga bisa menjadi pertanda awal gejala seseorang terkena diabetes. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa seseorang yang gula darahnya naik diatas normal namun belum masuk kriteria diabetes ternyata memiliki peluang mengalami gangguan pendenganran. Para peneliti percaya bahwa diabetes juga merusak pembuluh darah dan saraf di bagian telinga yang tentunya akan mengakibatkan gangguan pendengaran.

5. Sering Sekali Mendengkur

. Sering Sekali Mendengkur

Sering Sekali Mendengkur [ image source ]

Menurut hasil penelitian, setengah dari penderita diabetes tipe 2 ternyata mengalami gangguan pada pernafasan saat mereka sedang tidur. Ganguan pernafasan tersebut ditunjukkan dengan aktivitas mendengkur keras. Meski belum diketahui secara pasti apa kaitannya mendengkur dengan diabetes, namun beberapa peneliti beranggapan bahwa orang yang mengalami ganguan pernapasan saat tidur akan melepaskan hormon stres yang dapat meningkatkan kadar gula darah.(Jft/IYAKAN)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...