Indra Ketaren: Hidup ini Berubah

Saya minggu lalu panjang lebar berbicara dengan beberapa kalangan menanggapi keberlangsungan hidup manusia akibat pandemik Covid-19 ..
Kepada mereka saya menyimpulkan Hidup akan Berubah & masyarakat dunia akan dibiasakan dengan era normal baru & new behaviour ..
Manusia tidak bisa lagi seenaknya kumpul-kumpul, jalan-jalan, ketemu-ketemu, belanja-belanja, dan banyak lainnya yang selama ini menjadi kebiasaan manusia bermasyarakat ..

Bayangkan manusia ini punya segalanya : pengetahuan, teknologi, dana, kekuasaan, kepandaian dan lain-lain, tapi apa semua itu bisa atasi corona virus ..
Coba liat yang hanya manusia bisa lakukan selama ini hanya penggunaan masker, sarung tangan dan cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya terkait sanitasi .. sebegitu saja obat cure nya .. sangat sederhana jawabannya ..  Kemana kehebatan pengetahuan, teknologi, dana, kekuasaan, kepandaian dan lain-lain itu .. Tak kuasa kita hadapi  corona virus ini  ...

Bicara dana aja pun tidak memadai .. Lihat negara seperti Amerika Serikat pun tidak sanggup andalkan dana cadangannya atasi soal implikasi social distancing ini, apalagi dalam menyediakan peralatan kesehatan yang diperlukan .. Tidak ada satu negara yang mampu dan pasti habis dana nya .. Ini baru 3 bulan (dari 6 bulan sebenarnya yg terjadi) Pemerintah Amerika Serikat uda megap-megap keluarkan dananya .. bayangkan kalau sampai setahun saja jadi apa nantinya negara Amerika Serikat  ... Implikasinya terlalu besar dan tanpa batas (unlimited) .. Apalagi bagi Indonesia ...

Ada yang mengatakan perlu bertahun-tahun baru bisa diciptakan obat anti virus itu dan itu pun masih diragukan apakah bisa sembuh total atau tidak ..
Bayangkan selama belum ditemukan obat anti virus, maka hidup manusia akan sangat berubah ..

Artinya kehidupan manusia tidak akan bisa seperti sebelum adanya pandemik .. Apalagi pandemik Covid-19 dan corona virus ini belum diketahui kapan akan berakhir atau bisa berakhir ... Unpredictable ..
Corona virus adalah teguran Alam Bumi & Sang Pencipta Alam Semesta kepada manusia yang telah abai selama ini ...

Hanya Tuhan yang tau jawabannya & kepada Tuhan kita berdoa, bersujud dan taat menunggu jawabanNYA...
Kepada Alam Bumi kita sudah harus kembali merawatnya karena manusia bukan pemilik Alam Bumi yang selama ini manusia abaikan dengan kehancuran & polusi yang terjadi ..

Oleh karena itu teman-teman sekalian, bersiap diri lah kita dengan era normal baru & new behaviour ini yang pastinya akan diminta back to basic yang artinya harus kembali ke pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar manusia yakni kebersihan, keselamatan, dan keamanan ..

Demikian sepintas lalu pandangan saya .. Jika ada yang mau menambahkan pemikirannya bisa disampaikan disini ..

Tabek
IndraKarona Ketaren

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA