18 December 2018

Hati-hati dan Waspadai, Jangan Sentuh Pesan Seperti Ini di Wahtsap Anda!

KONFRONTASI -  Aplikasi perpesanan WhatsApp saat ini banyak digunakan pengguna di Indonesia mengalahkan aplikasi lain yang dulu pernah menjadi jawara yakni BBM (BlackBerry Messenger). Tetapi belum lama ini banyak pengguna yang mengeluhkan smartphonenya sering hang setelah membuka sebuah pesan berantai di WhatsApp yang diterimanya.

Pesan tersebut adalah titik hitam besar yang diikuti dengan teks "Don't touch It" yang dipercaya bisa membuat aplikasi WhatsApp dan juga smartphone menjadi hang. Meskipun awalnya banyak yang menduga pesan tersebut adalah hoax, namun tidak sedikit yang membuktikan keaslian pesan tersebut.

Tetapi pesan berantai tersebut tidak berlaku bagi pengguna WhatsApp pada perangkat iOS dan pengguna WhatsApp yang menggunakan melalui laptop atau komputer. Nah sekarang mengapa WhatsApp sering hang?

Berikut jawabannya, pesan tersebut mempresentasikan karakter dalam format kode pemrograman ASCII. Dengan kata lain di dalam pesan itu sebenarnya tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf, dan angka yang akan membuat kinerja WhatsApp semakin berat.

ASCII sendiri merupakan singkatan dari American Standard Code for Information Interchange. WhatsApp biasanya akan mengatasi pesan yang terlalu panjang dengan memberi keterangan 'read more' pada pesan yang memiliki banyak karakter. Hal tersebut bertujuan agar smartphone Anda hanya akan menayangkan sedikit karakter dalam waktu singkat.

Sedangkan dalam pesan berantai, WhatsApp 'dipaksa' untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya membuat kinerja aplikasi tersebut menjadi sedikit terganggu dan mengalami crash atau tiba-tiba.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, bagi Anda yang sudah terlanjur menekan tombol hitam tersebut, aplikasi WhatsApp Anda tidak akan mengalami hang dalam waktu lama. Begitu aplikasi WhatsApp tertutup dengan sendirinya, hanya perlu menunggu beberapa saat kemudian untuk kembali membuka aplikasi perpesanan tersebut normal kembali.

Selain itu beberapa pesan teks yang dikirim ke WhatsApp bahkan dapat merusak aplikasi WhatsApp, atau bahkan smartphone Android. Pesan teks ini memiliki simbol tersembunyi di antara spasi. Ketika pengguna WhatsApp mengetuk bagian dari salah satu pesan, simbol-simbol yang tersembunyi meluas, menutupi WhatsApp dan sistem operasi Android. Itu menyebabkan aplikasi dan/atau smartphone mati.

Pesan tersebut sebenarnya adalah teks sederhana dalam kutipan yang berbunyi "Ini sangat menarik" dengan emoji "Tertawa hingga mengeluarkan air mata". Simbol tersembunyi berada di antara emoji dan tanda kutip.

Pesan kedua memberi tahu pengguna apa yang akan terjadi jika mengetuk titik hitam yang merupakan bagian dari pesan. "Jika kamu menyentuh titik hitam ini maka WhatsApp akan hang," demikian yang tertulis dalam teks, yang mencakup sebuah jari menunjuk ke titik tersebut.

Ada pula pesan yang mengajak pengguna mengetuk bagian pesan bergambar titik hitam besar (dikenal dengan sebutan black dot of death), akan mengubah teks menjadi html yang berarti data pengguna telah dicuri dan kemungkinan akan membuat smartphone hang, seperti dikutip dari brilio.net (12/05/2018).

Oleh karena itu disarankan untuk mengabaikan pesan yang mencurigakan atau ada baiknya puasa media sosial untuk sementara waktu sampai masalah ini selesai. (Jft/datariau.com)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...