18 June 2018

Hati-hati, 5 Cara Belanja Ini Ternyata Justru Bisa Bikin Kamu Rugi Di Momen Lebaran

KONFRONTASI -   Mendekati momen lebaran, berbelanja adalah merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan. Dari mulai belanja baju baru atau kebutuhan lainnya, momen lebaran memang sangat identik dengan hari dimana orang akan menjadi lebih konsumtif. Bahkan saking konsumtifnya, tidak sedikit orang justru suka menjadi kalap dan lupa beerhemat saat sedang berbelanja.

Cara Hemat Berbelanja

Cara Hemat Berbelanja [ image source ]

Membahas tentang belanja hemat, mungkin ada banyak tips dan trik tentang cara yang bisa dilakukan agar bisa lebih hemat saat berbelanja. Namun tahu nggak kamu bahwa 5 cara berbelanja berikut ini ternyata justru bisa bikin kamu jadi tambah rugi dalam pengeluaran meski yang didapatkan sesuai dengan apa yang kamu perlukan. Nah berikut ini adalah beberapa cara berbelanja yang ternyata justru bisa bikin kamu rugi besar.

1. Membeli Banyak Barang Supaya Murah

Membeli Banyak Barang Supaya Murah

Membeli Banyak Barang Supaya Murah [ image source ]

Promo adalah salah satu bagian dari strategi marketing agar para konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Oleh sebab itulah tidak sedikit konsumen mulai tergiur ketika ada promo barang yang ditawarkan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Namun tahukah kamu bahwa membeli banyak barang promo yang memang tidak terlalu dibutuhkan ternyata bisa membuatmu rugi dalam pengeluaran. Nah sedikit tips agar tidak rugi dalam membeli promo adalah dengan memilih item yang benar-benar dibutuhkan dalam keseharianmu.

2. Berbelanja Karena Ada Diskon

Berbelanja Karena Ada Diskon

Berbelanja Karena Ada Diskon [ image source ]

Seperti halnya dengan barang promo, barang diskon juga hampir tidak pernah absen di pusat perbelanjaan pada momen memasuki datangnya hari lebaran. Meski tidak semuanya benar-benar melakukannya, tahukah kamu bahwa sebagian besar diskon yang dipampang pada pusat perbelanjaan hanyalah merupakan jebakan semata. Tujuannya adalah agar konsumen terlena dan tergiur dengan harga yang murah sehingga tanpa disadari akan memicu untuk membeli barang dengan jumlah yang banyak.

3. Beli Barang Murah Kualitas Rendah

Beli Barang Murah Kualitas Rendah

Beli Barang Murah Kualitas Rendah [ image source ]

Ada slogan yang berkaitan erat dengan perbelanjaan yang harus kamu ketahui yaitu ada harga pasti ada kualitas. Memang sih tidak ada larangan untuk membeli barang yang harganya lebih murah saat berbelanja. Namun jika barang yang dibeli adalah merupakan kebutuhan yang sifatnya dalam jangka lama, sebaiknya pertimbangkanlah lagi agar tidak malah boros dikemudian hari. Nah tips agar kamu tidak boros kedepannya karena barang murah kualitas rendah, lebih baik belilah barang yang harganya lebih mahal sedikit namun keawetannya lebih lama dari barang murah.

4. Belanja Karena Reward Atau Poin

Belanja Karena Reward Atau Poin

Belanja Karena Reward Atau Poin [ image source ]

Strategi penjualan dengan iming-iming mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukar dengan beberapa hadiah tertentu sudah umum ditemui di toko perbelanjaan masa kini. Meski pada dasarnya poin yang didapatkan itu nanti bisa benar-benar bisa ditukar di kemudian hari dengan syarat yang telah ditentukan, namun cara tersebut adalah merupakan trik agar konsumen mau untuk mendapatkan poin banyak dengan cara banyak berbelanja. Jika sudah keranjingan poin, otomatis akan banyak konsumen yang saling boron agar mendapatkan poin banyak.

5. Beli Makanan Murah Tapi Tidak Menyehatkan

Beli Makanan Murah Tapi Tidak Menyehatkan

Beli Makanan Murah Tapi Tidak Menyehatkan [ image source ]

Faktanya, di zaman sekarang ada banyak sekali jenis makanan beraneka ragam yang di jual dipasaran. Termasuk dengan makanan yang harganya murah menggoda tapi dari segi kesehatannya kurang terjamin. Nah terkadang orang suka ngawur saat membeli makanan murah dengan mengabaikan efek samping di kemudian hari. Nah daripada membeli makanan murah tapi beresiko memperburuk kesehatan, lebih baik belilah makanan yang benar-benar terjamin kebersihan dan kualitasnya agar kedepannya tidak keluar banyak biaya untuk pergi berobat.(Jft/Iyakan)

Category: 
Loading...