Gempa Mentawai Sudah Diprediksi Sejak Tahun Lalu

KONFRONTASI-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah memprediksi akan terjadi gempa dengan kisaran 8-9 Skala Richter yang diikuti tsunami setinggi sekira 10 meter di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, pada pertengahan Juni 2015 lalu.  
 
Data BNPB menyatakan, Kepulauan Mentawai dan Nias punya potensi paling tinggi untuk terjadi gempa karena ada energi maksimum 9 SR yang masih terkubur.
 
Rabu (2/3/2016), gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter mengguncang barat daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat tepatnya pukul 19:49:41 WIB. Masyarakat Padang juga panik tak lama setelah guncangan gempa ini.
 
Pusat gempa berada di 5.16 Lintang Selatan dan 94.05 Bujur Timur  atau 682 km barat daya Kepulauan Mentawai. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km dan berpotensi tsunami. Berdasarkan catatan USGS, sehari ini sudah terjadi 3 kali gempa bumi besar di Indonesia
 
Prediksi tersebut muncul berdasarkan hasil penelitian tiga negara yaitu Indonesia, Amerika Serikat, dan Singapura. Tim menemukan banyak patahan aktif di cekungan Wharton yang berada di lepas laut Kepulauan Mentawai.
 
Banyaknya patahan menunjukkan jika wilayah tersebut mengalami deformasi dengan skala yang bervarisasi.[mr/pr]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...