Gara-gara Kompensasi Kenaikan BBM, Rakyat Miskin Kembali Tewas

KONFRONTASI - Pembagian bantuan kompensasi BBM Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kabupaten Tasikmalaya, kembali memakan korban. 

Seorang nenek nenek tewas di lokasi antrian bantuan sebesar Rp 400 ribu yang dibagikan di halaman kantor Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelumnya, dua orang warga Kadipaten dan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya juga tewas saat mengantri pencairan bantuan konpensasi BBM.

Adalah nenek Titi, warga Kampung Pasir Bitung, Setiawangi, Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, korbannya. Nenek berusia 75 tahun ini menghembuskan napas terakhirnya di halaman kantor kecamatan Jati Waras ketika mengantri untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 400 ribu.

Menurut Kepala Desa Setiawargi Padawaras Jatiwaras, diduga kondisi korban yang sudah tua renta dan kecapean menjadi penyebab kematiannya. Sebelumnya korban sempat dibawa ke bale pengobatan tak jauh dari kantor kecamatan. Namun tetap nyawa tidak tertolong.

Akibat kejadian ini pencairan bantuan PSKS sempat dihentikan untuk beberapa jam. Tapi setelah aparat desa turun tangan guna menertibkan antrian, pencairan dilanjutkan kembali. Korban langsung dibawa ke rumah duka untuk kemudian dimakamkan di TPU kampung setempat.

Pembagian bantuan kompensasi BBM sehari sebelumnya menewaskan nenek Cicih (79) warga Kampung Torowek, Dirgahayu, Kadipaten Tasikmalaya. Dia menghembuskan napas terakhirnya saat berdesakan dan mengantri untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 400 ribu.
 
Selain itu pada hari yang sama, Kecamatan Kadipaten, kejadian serupa juga terjadi di Kecamatan Pancatengah. Korbannya Kumun (82) warga Kampung Sekung RT.23 RW.10 Tawang Kecamatan, Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya.

Ia meninggal dunia sesaat setelah mengambil bantuan di halaman kantor Kecamatan Pancatengah. Awalnya, korban terjatuh saat dalam kerumunan. Melihat korban terjatuh, warga menolongnya dan membawa ke kantor kecamatan. 

Korban diperiksa oleh dokter Puskesmas yang berjaga. Namun, hasil pemeriksaan korban dinyatakan telah meninggal dunia. Korban pun diantarkan ke rumahnya dengan menggunakan kendaraan patroli Polsek Pancatengah.[rm/ian]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA