24 April 2019

Dubes AS Terkesan dengan Tradisi Buka Puasa Bersama di Indonesia

KONFRONTASI-Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr, mengaku sangat terkesan dengan tradisi buka puasa di Indonesia, khususnya dengan tradisi berbuka bersama.

Ditemui di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Donovan mengatakan ia masih mempelajari mengenai tradisi Ramadhan di Indonesia. Ia bahkan sampai mencoba menghubungi temannya di AS untuk mengetahui lebih banyak mengenai Ramadhan. Selain itu, ia juga ingin membandingkan tradisi Ramadhan di AS dan di Indonesia.

"Ini adalah Ramadan kedua saya di Indonesia, jadi masih banyak yang harus dipelajari. Tapi saya sangat terkesan dengan tradisi buka puasa di mana masyarakat berkumpul bersama-sama keluarga dan bersama-sama berbagi kebahagiaan," ucap Donovan.

"Saya bertanya kepada teman-teman Muslim saya di AS apakah yang mereka lakukan pada bulan Ramadhan, dari cerita mereka sama dengan yang dilakukan di Indonesia," sambungnya, Kamis (24/5/2018).

Donovan menuturkan, berdasarkan sepengetahuannya, Ramadhan adalah waktu bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk berpuasa dan juga sekaligus waktu untuk melakukan refleksi diri.

"Ini adalah waktu untuk berpuasa, untuk refleksi diri dan ini waktu untuk berkumpul untuk berbuka puasa dengan teman, keluarga dan juga masyarakat. Mungkin ini waktu yang tepat juga dibalik kejadian-kejadian tragis yang terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir," ungkapnya.

Ketika disinggung apakah dia telah mencoba kuliner khas Ramadhan di Indonesia, Donovan mentakan dia sudah mencoba beberapa hidangan salah satunya adalah kolak yang menurutnya sangat enak.

Sementara ketika ditanya apakah momen tak terlupakan selama Ramadhan di Indonesia, diplomat senior AS itu menuturkan adalah saat ia datang ke acara Ramadhan Jazz Festival tahun lalu.

"Momen yang tidak terlupakan saat Ramadhan tahun lalu, sewaktu saya ke masjid Cut Meutia untuk menikmati Ramadhan Jazz Festival disana. Menikmati kesempatan-kesempatan untuk bisa bertemu dengan para pemuda-pemuda," tukasnya.(mr/snd)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...