4 April 2020

Dokter Hewan: Jangan Beri Makanan Manusia Pada Kucing

Konfrontasi - Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan manusia sehingga ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memberinya makan. Salah satu kesalahan yang kerap terjadi adalah memberikan makanan manusia pada kucing, misalnya nasi.

Dokter hewan Yosefin Lingga mengatakan jangan memberi makanan yang biasa disantap manusia pada kucing. "Berikan makanan khusus kucing," kata dia di sebuah kafe kucing di Jakarta, Kamis (26/2).

Dia menjelaskan kucing adalah karnivora sehingga asupan gizi yang dibutuhkan pun berbeda dengan manusia. Makanan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi para kucing. Ikan mentah juga tidak boleh asal diberikan untuk makanan kucing karena daging mentah memiliki kemungkinan mengandung toksoplasma.

Senada dengan Yosefin, pemilik kafe kucing Cutie Cats Lia Kurtz juga mengatakan bahwa protein yang dibutuhkan kucing jauh lebih tinggi dari manusia. Oleh karena itu, di kafe kucing miliknya para pengunjung dilarang memberikan makanan untuk kucing kecuali snack khusus yang telah disediakan.

Demi mencegah gangguan kucing terhadap pengunjung yang ingin makan, dia sengaja hanya menyiapkan menu yang tidak begitu menggiurkan binatang itu. Lia mengatakan kucing tidak begitu menikmati rasa manis sehingga kafenya pun menyediakan makanan-makanan kecil seperti kue agar pengunjung dapat makan dengan nyaman. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...