30 March 2020

DBD Mulai Jangkiti Warga Kupang

KONFRONTASI-Warga Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai terserang demam berdarah dengue (DBD) dan saat ini menjalani perawatan di RSU Prof. Dr. W.Johanis Kupang.

 

"Kasus DBD juga mulai terjadi di Kabupaten Kupang karena ada warga dari daerah itu yang dirawat di RSU Prof WZ Johanis Kupang karena DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, NTT, Ari Wijana di Kupang, Sabtu.

 

Ia menambahkan, penderita DBD dari Kabupaten sudah ditangani petugas kesehatan di Kota Kupang.

 

"Pada saat dibawa ke RSU kondisi pasien sangat lemah sehingga langsung ditangani petugas medis di Kota Kupang, saat ini kondisi pasien sudah mulai membaik," jelasnya.

 

Ia mengatakan, warga Kabupaten Kupang yang terserang demam berdarah itu berasal dari Sonraen, Kecamatan Amarasi Selatan.

 

Pemerintah Kota Kupang, telah menyurati Dinkes Kabupaten Kupang untuk memberitahukan tentang adanya pasien DBD dari wilayah itu, sehingga dapat dilakukan berbagai upaya penanganan pencegahan penularan DBD di daerah setempat.

 

"Kami sudah menyurati pemerintah Kabupaten Kupang untuk memberitahukan bahwa ada warga daerah itu yang menderita DBD, sehingga ada upaya prefentif agar DBD tidak meluas karena Kota Kupang sudah ditetapkan sebagai KLB DBD," tegasnya.

 

Menurut dia, mobilitas penduduk dari dua daerah yang bertetangga itu sangat tinggi sehingga dapat mempercepat penyebaran DBD yang memicu meningkatnya jumlah penderita DBD.

 

"Apalagi selama musim hujan terdapat banyak genangan air sehingga menjadi tempat yang embuk untu nyamuk DBD bersarang," lanjut Ari.(mr/tar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...