21 September 2019

Dagang di Siang Hari, Penjual Nasi Diciduk Polisi Syariah

KONFRONTASI-Seorang penjual nasi bungkus yang berdagang di siang hari dalam bulan puasa ditangkap polisi Syariah Kota Banda Aceh.

Penangkapan ini terjadi di terminal Batoh mobil penumpang antar kota jenis L300, Jumat (10/7) sekia pukul 08.30 WIB. Saat ditangkap, nasi bungkus sebanyak 49 bungkus dari 60 bungkus diletakkan dalam tas untuk mengelabui petugas.

Pemilik nasi bungkus itu yang berinisial NH (51) dikenal berprofesi sebagai petugas pelebelan barang milik penumpang di terminal tersebut. Diperkirakan, pelanggannya adalah sopir mobil yang beroperasi siang hari.

Selain diamankan nasi sebanyak 49 bungkus, ikut juga diminta keterangan seorang pembeli nasi tertangkap tangan berinisial KR (42) saat sedang transaksi dengan NH. Keduanya saat ini sedang diminta keterangan oleh penyidik polisi syariah Kota Banda Aceh.

Kepala Seksi Penegakan Peraturan Perundang-Undangan dan Syariat Islam, Polisi Syariat Kota Banda Aceh, Evendi A Latif mengatakan, pelaku sudah lama dipantau oleh petugas, karena diperkirakan sudah menjual nasi sejak awal bulan puasa.

“Ini berdasarkan laporan dari masyarakat dan langsung kita kirim tim ke sana untuk memastikannya agar bisa kita tangkap tangan,” kata  Evendi A Latif, Jumat (10/7) di Banda Aceh.

Katanya, pelaku berprofesi sebagai petugas pelebelan barang bawaan penumpang di terminal tersebut mengetaui peluang ada yang membutuhkan nasi siang hari dalam bulan puasa. Sehingga pelaku mengambil kesempatan itu hingga ditangkap oleh petugas.

“Kita sudah pantau sejak satu minggu lalu, tetapi selama ini belum bisa kita tangkap tangan, karena hitungan 30 menit semua nasi bungkus itu habis,” ungkapnya.

Atas perbuatan mereka, kedua pelaku tersebut dijerat dengan qanun Nomor 11 Tahun 2002 tentang aqidah, ibadah dan syiar Islam. Kedua pelaku ini terancam akan dicambuk di muka umum setelah ada putusan dari Mahkamah Syariah.[mr/jpn]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...