Cara Diet Anak Penderita Diabetes

Konfrontasi - Diabetes tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa yang memiliki gula darah yang tinggi. Anak-anak pun bisa terjangkit penyakit akibat dari rendahnya insulin ini.

Namun tak hanya anak dengan keturunan diabetes saja yang berpotensi mengidap diabetes. Anak yang sehat juga bisa terkena diabetes, bahkan benar-benar tak diketahui sebelumnya.

Ini juga yang ditegaskan oleh Konsultan Endokrin m, Metabolik dan Diabetes Prof. DR. dr. Sidhartawan Soegondo, Sp.PD.KEMD. Bahwa anak yang bukan dari keturunan diabetes juga bisa menderita diabetes bahkan tak terdeteksi dari awal.

"Ada yang tidak terdeteksi, tiba-tiba koma karena gula darahnya tinggi," ujar Sidhartawan dilansir Okezone di Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Meski demikian, bila anak sudah benar-benar didiagnosa mengidap diabetes tak lantas langsung melakukan diet. Yang benar adalah mengatur insulin yang masuk ke dalam tubuh.

"Anak tidak bisa dicegah nafsu makannya. Mereka juga masih dalam masa pertumbuhan jadi biarkan saja. Namun tetap jaga makanan yang mengandung gula tinggi, karbo, dan junkfood. Rutin memerikasakan gula darah juga harus dilakukan agar anak juga bisa tetap hidup sehat," pungkas Profesor yang juga guru besar di Universitas Indonesia ini. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...