Berdosalah Pemimpim Bila Biarkan Rakyat Miskin

KONFRONTSI - Meski sudah memimpin Bali selama tujuh tahun, Gubernur Bali Made Mangku Pastika miris melihat masih ada warga yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Begitu mendengar pasutri yang sudah tua hidup dalam gubuk yang tak layak, Pastika langsung turun tangan dan memerintahkan untuk bedah rumah.

"Miskin itu dosa, dan lebih berdosa lagi kalau kita biarkan miskin. Tetapi ada yang lebih sangat berdosa kalau pemimpinnya tetap membiarkan kemiskinan terjadi. Pemimpinnya itu dari yang ditingkat bawah hingga atas, termasuk saya. Dan saya tidak mau masuk dalam kategori sangat berdosa," Ujar Pastika, di desa Abai, Karangasem, Selasa (16/9).

Ironis memang, di saat Bupatinya masuk dalam daftar Bupati terkaya di tingkat Nasional. Justru banyak warganya di Karangasem tergolong tingkat kemiskinan tertinggi.

"Ini tidak boleh terjadi, harus kita berjuang bersama mengentaskan kemiskinan ini," Ajak Pastika.

Di rumah gubuk milik Nengah Mangku (70) yang tinggal hanya bersama istrinya Ni Made Darmini (63), Pastika memberikan bantuan berupa beras sebanyak 50 kg, uang dan kebutuhan pokok lainnya.

Dia juga berjanji akan memperbaiki rumah Mangku, secepatnya. Pastika juga mengimbau masyarakat yang memiliki rejeki lebih, agar memiliki kepekaan untuk ikut mengulurkan tangan menolong keluarga miskin yang ada di sekitarnya, agar tidak hanya mengandalkan bantuan pemerintah.

"Karena kalau mengandalkan bantuan dari pemerintah, proses pengentasan kemiskinan akan menjadi sangat lama. Saya rasa di Karangasem ini tidak sedikit ada orang yang cukup kaya, masa untuk membantu membuatkan satu rumah tidak bisa," tandasnya.

Untuk diketahui, pasutri yang sudah renta ini tinggal di sebuah gubuk reyot di deket obyek wisata Tirta Gangga, Desa Ababi Abang Karangasem. Kondisi istrinya, yang sudah sakit-sakitan membuat kehidupan pasangan suami istri itu menemui banyak kesulitan untuk menyambung hidup yang hanya mengandalkan upah sebagai juru parkir di parkir Obyek Wisata Tirta Gangga dengan penghasilan Rp 250.000/bulan.[mrdk/in]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA