Awas, Status Kawah Sileri Waspada, Obyek Wisata Dieng Tetap Buka

KONFRONTASI -  Pasca kenaikan status Kawah Sileri, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dari normal (Level I) menjadi waspada (Level II), sejumlah obyek wisata di kompleks dataran tinggi Dieng tetap dibuka. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara, Dwi Suryanto saat dihubungi Jumat (15/9/2017) memastikan, untuk obyek wisata lain diluar radius satu kilometer dari Kawah Sileri tetap aman dikunjungi. “Semua obyek wisata lain diluar Kawah Sileri tetap buka dan aman dikunjungi wisatawan, jadi tidak ada masalah,” katanya.\

Dwi Suryanto menyebut, obyek wisata lain seperti Kompleks Candi Arjuna, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Candradimuka, Jalatunda tetap beroperasi seperti biasanya. Begitu pula dengan obyek wisata lain di wilayah Dieng Timur (Wonosobo) seperti Gunung Prau, Bukit Sikunir, Telaga Warna, tetap aman dikunjungi.  Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surip mengatakan, kenaikan aktivitas vulkanik di Kawah Sileri tidak akan berdampak pada aktivitas kawah yang lain.

Lihat videonya:  https://www.youtube.com/watch?v=PH4opbV9tVg 

Meskipun sebutnya, semua kawah yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng memiliki potensi letupan. Letupan itu dapat terjadi dengan skala kecil maupun besar. PVMBG mengamati setiap aktivitas vulkanik di semua kawah dengan beberapa alat detektor maupun sensor. Detektor tersebut berupa sensor suhu, sensor gas, sensor getaran, hingga CCTV. "Yang kami batasi hanya Kawah Sileri, radius aman satu kilometer. Sedangkan tujuan lain seperti Kawah Sikidang tetap berjalan normal," ujarnya.(Jft/KOMPAS))

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...