26 May 2019

Asyik, WNI Kini Bisa Kunjungi St Kitts & Nevis Tanpa Visa

KONFRONTASI-Warga negara Indonesia kini dapat berkunjung tanpa visa ke negara Saint Christopher (St Kitts) dan Nevis  sejak 1 Februari 2019, setelah Pemerintah negara tersebut memutuskan untuk memberikan fasilitas bebas visa.

Duta Besar Republik Indonesia di Bogota, Priyo Iswanto, yang merangkap negara St.Kitts dan Nevis dalam siaran pers, Sabtu, menyatakan bahwa keputusan pemerintah negara kepulauan tersebut merupakan pemahaman yang baik atas perkembangan yang terjadi di Indonesia sekaligus menjadi hadiah tahun baru 2019 buat warga Indonesia.

Keputusan pemberian bebas visa bagi WNI tersebut dilandasi pertimbangan asas resiprositas dan semakin membaiknya hubungan bilateral antara Indonesia dan negara di kawasan Karibia tersebut, ujarnya.

Kementerian Luar Negeri St. Kitts dan Nevis menyampaikan keputusan Pemerintahnya itu melalui nota diplomatik tanggal 15 Februari 2019.

Pemerintah St.Kitts dan Nevis berminat untuk meningkatkan kerja sama yang lebih konkret dengan Indonesia antara lain dalam kerja sama di sektor pariwisata, pertanian dan kelautan, serta pendidikan.

Dalam upaya meningkatkan kerja sama kedua negara, Pemerintah Indonesia telah memberikan peningkatan kapasitas antara lain di bidang penanggulangan bencana dan mengundang mahasiswi dari St. Kitts dan Nevis untuk belajar batik di Solo.

Nama Indonesia sudah dikenal di St.Kitts dan Nevis melalui penjualan batik yang diproduksi oleh 'Caribelle Batik' sejak 40 tahun lalu dan sebuah Resort berarsitektur Bali sejak tahun 2017 yang dikerjakan oleh 24 orang pekerja dari Bali dengan menggunakan bahan-bahan bangunan dari Bali.

Guna meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, Pemerintah St.Kitts dan Nevis dalam waktu dekat berencana untuk membuka Kantor Konsul Kehormatan di Indonesia.

St. Kitts dan Nevis adalah sebuah negara kecil seluas 174 km2 yang terletak di Amerika Tengah (Karibia) dengan jumlah penduduk 55.345 dan pendapatan per kapita US$ 17.090.

Indonesia dan  St.Kitts dan Nevis mulai membuka hubungan diplomatik pada 30 Januari 2014.[mr/tar]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...