16 July 2018

Arjuna Arya Attarahman, Mendadak Lumpuh, Lihat 5 Fakta Terkait Gullian Barre Syndrom Yang Menyerang Bocal Asal Bandung Itu

KONFRONTASI   -    Seorang bocah bernama Arjuna Arya Attarahman, mendadak lumpuh setelah sebelumnya mengeluhkan merasa kebas dan lemas di kakinya. Setelah di periksakan ke dokter, bosah asal bandung ini menderita Guillain-Bare Syndrom (GBS). Sindrom ini cukup langka. Sistem kekebalan tubuh si bocah yang harusnya melindungi tubuhnya justru menyerang sistem saraf. Selain mengalami kelumpuhan, paru paru si anak juga susah beroperasi sehingga harus di bantu ventilator. Sebenarnya apa sih penyakit yang di namakan dengan GBS ini? berikut fakta faktanya.

 

1. Penyebab Syndrom GBS Ini Belum Di Ketahui Sepenuhnya.

Penyebab Syndrom GBS Ini Belum Di Ketahui Sepenuhnya.

Penyebab Syndrom GBS Ini Belum Di Ketahui Sepenuhnya. Image [source]

Beda dengan jenis penyakit seperti malaria atau TBC, Guilain–bare syndrom ini penyebabnya belum di ketahui secara pasti. Namun ada pola bahwa anak anak yang terserang umumnya habis terkena penyakit diare dan sakit pernafasan , kemungkinan besar, sistem pertahanan tubuh merespon secara salah bakteri penyebab infeksi di penyakit yang menyerang sebelumnya. Bukannya menyerang bakteri penyebab diare, tapi sistem saraf yang malah jadi sasaran.

2. Guillain-Barre Syndrom Gejalanya Terus Makin Parah.

Guillain-Barre Syndrom Gejalanya Terus Makin Parah.

Guillain-Barre Syndrom Gejalanya Terus Makin Parah. Image [source]

Awalnya mungkin hanya kebas kebas dan lemas di bagian kaki. Namun sel saraf yang diserang kemudian menjalar ke bagian atas. Akhirnya tak hanya anggota gerak saja yang mengalami kelumpuhan tapi termasuk paru paru juga ikut terkena dampaknya.

3. GBS Mempunyai Banyak Variasi Gangguan Kesehatan.

GBS Mempunyai Banyak Variasi Gangguan Kesehatan.

GBS Mempunyai Banyak Variasi Gangguan Kesehatan. Image [source]

Di amerika serikat rata rata anak yang terkena GBS ini berupa otot kaki yang melemah dan kemudian menyebar ke atas. Mirip yang dialami oleh si bocah asal bandung bernama arjuna tersebut. bentuk lain adalah gangguan pada mata dan sistem gerak. Pada tipe ini pandangan mata penderita akan terganggu dan dia tidak bisa berjalan dengan stabil.

4. Ada Kemungkinan Sindrom Ini Bisa Sembuh Sendiri.

Ada Kemungkinan Sindrom Ini Bisa Sembuh Sendiri.

Ada Kemungkinan Sindrom Ini Bisa Sembuh Sendiri. Image [source]

Pada beberapa kasus, GBS ini sembuh sendiri setelah penderita menjalani perawatan selama beberapa minggu. Petugas medis hanya perlu memonitor agar gangguan kelumpuhan tidak dialami oleh organ organ penting seperti paru paru atau jantung. Kalau sampai kelumpuhan terjadi pada paru paru dan jantung, akibatnya bisa fatal.

5. Belum Ada Obatnya Tapi Ada Cara Penangananya.

Belum Ada Obatnya Tapi Ada Cara Penangananya.

Belum Ada Obatnya Tapi Ada Cara Penangananya. Image [source]

Obat untuk membasmi antibodi jahat yang menyerang sel saraf belum di temukan, namun dunia medis punya cara untuk mengurangi dampak negatif dari sindrom GBS ini. cara pertama, si penderita mendapatkan tranfusi darah yang mengandung sel sel antobodi sehat. Sel sel antobodi sehat tersebut akan melawan sel sel antibodi jahat yang merusak saraf. Cara kedua, plasma darah si penderita di saring dan di bersihkan dari sel sel antbodi jahat.

Itulah 5 fakta tentang Guillain-Barre Syndrom yang menyerang bocah asal bandung yang bernama Arjuna Arya Atarahman. Semoga saja kondisi kesehatan bocah ini cepat membaik ya.(Jft/IYAKAN)

 

 

 

 

Category: 
Loading...