4 April 2020

Apakah Ini Mitos atau Fakta, Makanan yang Dibakar Sebabkan Kanker?

KONFRONTASI - Mitos lain mengenai kanker yang beredar di masyarakat adalah makanan yang dibakar bisa memicu kanker. Apakah mitos ini benar atau tidak?

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, mengatakan makanan yang dibakar tidak memicu kanker. Karena bukan arang yang menimbulkan sel kanker. Tapi bahan apa yang dibakar. Kalau ayam atau ikan dibakar bahkan sampai gosong sekalipun, itu tidak memicu kanker.

Lalu bahan makanan apa yang dibakar bisa sebabkan kanker? Menurut pria yang juga menjabat debagai Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) bahan makanan seperti daging merahlah yang bisa menyebabkan kanker apabila dibakar sampai lama. Daging merah kalau dipanaskan akan mengeluarkan zat heterocyclic amunes. Inilah zat yang membuat kanker.

"Bukan arang yang buat kanker. Tapi daging merah yang dipanaskan sampai hitam itulah yang buat kanker. Kalau ayam atau ikan bakar tidak masalah," paparnya dalam konferensi pers Betadine Retro Run di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain daging merah, daging yang diproses baik itu daging ayam atau ikan, ini juga tidak baik untuk kesehatan. Misalnya sosis ayam dan kornet bisa sebabkan kanker.

Kanker yang bisa timbul dari makanan daging olahan adalah kanker payudara, prostat dan usus besar. Bahkan juga bisa sebabkan penyakit jantung.(Jf/Rol)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...