Apakah Arab Saudi dan Iran Ingin Berperang? Ini Perbandingan Kekuatan Militer Antara Iran Dan Arab Saudi

KONFRONTASI - Iran dan arab saudi merupakan dua negara islam. Tapi entah kenapa persaingan kedua negara ini sepertinya tidak habis habis. Persaingan secara terbuka memang belum pernah terjadi tapi mereka perebutan pengaruh mereka di negara negara lain sangat terlihat. Banyak yang menyebut bahwa kedua negara ini sedang terlibat proxy war. Keduanya menciptakan medan perang di negara negara tetangga dengan mendukung pihak yang berbeda.

Perbandingan Kekuatan Militer Antara Iran Dan Arab Saudi, Siapa Yang Lebih Unggul?

Perbandingan Kekuatan Militer Antara Iran Dan Arab Saudi, Siapa Yang Lebih Unggul? Image [source]

 

Persaingan antara kedua negara islam ini takbisa dipungkiri membuat wilayah timur tengah selalu memanas. Bahkan ada kekhawatiran, proxy war yang terus menerus dilakukan oleh keduanya bisa memicu perang dunia ketiga. Apa sih sebenarnya penyebab kenapa mereka selalu bertikai lewat proxy war, kekuatan militer negara mana yang kira kira lebih unggul? Berikut ini ulasannya.

1. Penyebab Kedua Negara Islam Ini Sering Bertikai.

Arab saudi merupakan pusatnya negara islam bermahzab sunni, sedangkan iran, merupakan pusatnya mahzab syah. Beberapa tahun setalah Muhammad Saw, wafat, kedua aliran ini memang berselisih terkait siapa yang lebih patut melanjutkan pemerintahan. Alasan beda mahzab inillah yang sepertinya jadi alasan utama pertengkaran kedua negara ini. selain itu ada juga persoalan minyak dimana iran pengen produksi minyak di negara negara arab dikurangi agar harganya naik, sementara arab saudi justru ingin sebaliknya.

Penyebab Kedua Negara Islam Ini Sering Bertikai.

Penyebab Kedua Negara Islam Ini Sering Bertikai. Image [source]

Penyebab lainnya kedua negara ini juga berebut pengaruh terhadap negara negara disekitarnya seperti bahrain, surian, irak dan negara negara teluk lain. yang makin membuat panas, arab mencurigai iran memberi dukungan kepada minoritas syah di arab saudi. Arab saudi juga khawatir dengan proyek nuklir iran. Kalau dimasa depan iran punya nuklir, pamor arab saudi di negara negara arab bisa terancam.

2. Perang Proxy Antara Iran Dan Arab Saudi Di Berbagai Negara.

Perang Proxy Antara Iran Dan Arab Saudi Di Berbagai Negara.

Perang Proxy Antara Iran Dan Arab Saudi Di Berbagai Negara. Image [source]

Perebutan pengaruh antara iran dan arab di konflik konflik negara tetangga sangat terasa. Di irak misalnya, dulu arab saudi mendukung sadam husein. Ketika sadam jatuh, gantian pihak yang didukung iran yang berkuasa disana dan menjalin hubungan baik dengan taheran. Di suriah, iran mendukung presiden bashar al assad bersama rusia, sedangkan arab saudi mendukung lawan pemerintah yaitu para pejuang sunni di sana. Di yaman, iran dituduh mendukung pemberontak syah Houti yang mengambil alih ibukata dimana pemerintahannya didukung olah arab saudi. Sedih juga ya mendengar kedua negara sama sama muslim ini terus menerus bertengkar di berbagai negara tetangga.

3. Perbandingan Kekuatan Militer Antara Arab Saudi Dan Iran

Ketika dua negara ini terus menerus bersaing banyak juga pihak yang penasaran dengan kekuatan militer siapa sih yang lebih unggul? Kalau dilihat dari anggaran belanja militernya arab saudi jauh lebih unggul. Tiap tahun arab saudi menghabiskan $63.7 milyar dolar untuk belanja militernya sedangkan iran hanya $ 12.3 milyar dolar saja. Belanja militer Iran, epertiganya pun enggak ada dibandingkan belanja militer arab saudi.dilihat dari jumlah personil militer, giliran iran yang unggul. Iram mempunyai jumlah militer aktif sebanyaj 550 ribu personil, sementara arab saudi hanya 230 ribu saja.

Perbandingan Kekuatan Militer Antara Arab Saudi Dan Iran

Perbandingan Kekuatan Militer Antara Arab Saudi Dan Iran Image [source]

Dilihat dari jumlah persenjataan ternyata iran juga punya lebih banyak. untuk tank misalnya, iran punya 2.569 buah sementara arab saudi Cuma 1.142 buah saja. namun khusus untuk kendaraaan perang berlapis baja, arab saudi unggul jauh. Iran Cuma punya 1.315 buah sementara arab saudi punya 9 ribu lebih. Untuk pesawat tempur, kedua negara ini terlihat imbang. Iran memiliki 883 buah sementara arab saudi memiliki 855 buah. Untuk armada laut, iran lebih unggul yaitu punya 406 buah kapal perang sedangkan arab saudi hanya 27 buah saja. unggul jumlah belum tentu unggul kekuatan lho, dengan dana militer tiap tahun yang besar, arab saudi tentu memiliki peralatan peralatan militer yang serba canggih dan dengan teknologi mutakhir.

Dari uraian perbandingan kekuatanmiliter iran dan arab saudi tersebut masih sulit untuk menentukan mana yang lebih unggul jika perang terbuka terjadi. Apalagi kedua negara inijuga punya sekutu sekutunya sendiri sendiri. seperti iran yang terlihat lebih dekat ke rusia, sedangkan arab yang sering sejalan dengan amerika serikat. Kalau dari data perang proxi selama ini sih, milisi milisi yang didukung iran lebih mendominasi saat terjadi konflik di negara nya masing masing. Semoga saja 2 negara ini cepat menemukan jalan damai ya. Karena kalau terus bertengkar, yang susah ya rakyat sipil karena jadi korban(Jft/IYAKAN)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...