18 December 2018

Apakah Anda Sering Mengalami Keringat Berlebih? Waspada, Bisa Jadi Itu Gejala Dari 5 Penyakit Ini

KONFRONTASI -  Keringat merupakan hal yang wajar muncul pada permukaan kulit kita. keringat ini pada dasarnya merupakan mekanisme alami untuk mengatur suhu tubuh kita. ketika suhu udara panas, tubuh akan mendinginkan permukaan kulit dengan mengeluarkan keringat ini. panas yang mengenai kulit akan terbuang seiring keringat tersebut menguap. Selain sebagai cara mengendalikan suhu tubuh, keringat juga jadi salah satu cara membuang garam garam yag tidak terpakai di dalam tubuh.

Sering Mengalami Keringat Berlebih? Waspada, Bisa Jadi Itu Gejala Dari 5 Penyakit Ini

Sering Mengalami Keringat Berlebih? Waspada, Bisa Jadi Itu Gejala Dari 5 Penyakit Ini Image [source]

 

Yang menjadi masalah, kadang keringat ini muncul secara berlebihan. Aktivitas yang dilakukan tidak terlalu banyak. Cuaca pun tidak begitu panas. Tapi kenapa keringat muncul banyak sekali kuantitasnya. Jika kamu sering mengalami hal seperti ini, maka kamu perlu waspada. Keringat berlebih ternyata bisa menjadi pertanda gejala penyakit penyakit yang cukup berbahaya seperti berikut ini.

1. Kelebihan Keringat Sebagai Gejala Penyakit Hipertiroidisme.

Kelebihan Keringat Sebagai Gejala Penyakit Hipertiroidisme.

Kelebihan Keringat Sebagai Gejala Penyakit Hipertiroidisme. Image [source]

Tiroid merupakan hormon yang di hasilkan oleh kelenjar gondok yang ada di dekat leher. Hormon tirotid ini penting dalam mengatur metabolisme, pertumbuhan perkembangan serta fungsi fungsi penting lainnya. kelebihan hormon tiroid menyebabkan metabolisme tubuh berlangsung lebih cepat sehingga suhu tubuh pun cepat naik. Efek selanjutnya, keringat yang dihasilkan pun berlebihan.

2. Keringat Berlebih Sebagai Gejala Penyakit Kanker.

Keringat Berlebih Sebagai Gejala Penyakit Kanker.

Keringat Berlebih Sebagai Gejala Penyakit Kanker. Image [source]

Berbagai jenis kanker seperti kanker limpa, kanker hari, leukimoa serta kanker tulang bisa memicu munculnya keringat berlebih. Dokter belu memahami secara pasti kenapa brbagai jenis kanker ini memicu munculnya keringat berlebihan pada penderita. Tapi di perkirakan itu merupakan usaha tubuh dalam melawan sel sel kanker. Ngeri juga ya. Ini jadi alasan kenapa keringat berlebih tidak boleh diabaikan.

3. Keringat Berlebih Sebaga Gejala Diabetes.

Keringat Berlebih Sebaga Gejala Diabetes.

Keringat Berlebih Sebaga Gejala Diabetes. Image [source]

Tinggi rendahnya kadar gula darah juga bisa menjadi penyebab keringat berlebih ini. penyakit yang berhubungan dengan kadar gula darah ini adalah penyakit diabetes baik tipe 1 maupun tipe dua. Pada penderita diabetes, tubuh tidak mampu mengatur kadar gula darah dengan baik. kadang tinggi dan kadang terlalu rendah. Keringat berlebih biasanya muncul ketika kadar gula darah sedang rendah banget. Pada orang normal, kadar gula darah relatif seimbang karena adanya hormon insulin. Jadi keringat berlebih bisa jadi pertanda insulin tidak bekerja dengan baik pada penderita diabetes.

4. Keringat Berlebih Karena Sedang Stress Dan Dilanda Kecemasan.

Keringat Berlebih Karena Sedang Stress Dan Dilanda Kecemasan.

Keringat Berlebih Karena Sedang Stress Dan Dilanda Kecemasan. Image [source]

Tak Cuma penyakit penyakit fisik, gangguan mental seperti stress dan rasa cemas juga bisa memicu munculnya keringat berlebih. Saat kita sedang stress atau cemas, biasanya suhu tubuh meningkat. Kondisi tubuh yang manas inilah yang menjadi pemicu di keluarkannya keringat dalam jumlah banyak. obat obatan yang dipakai untuk menangani gangguan mental juga bisa memicu keringat berlebih.

5. Keringat Berlebih Pada Wanita Wanita Yang Memasuki Menopause.

Keringat Berlebih Pada Wanita Wanita Yang Memasuki Menopause.

Keringat Berlebih Pada Wanita Wanita Yang Memasuki Menopause. Image [source]

Menopause ini merupakan fase berakhirnya kesuburan wanita. ketika menopause terjadi hormon estrogen bisa mengalami penurunan dan peningkatan secara drastis. hormon estrogen yang tidak stabil inilah yang memicu munculnya keringat berlebih.

Itulah berbagai penyakit yang berkaitan dengan munculnya keringat berlebih. Meskipun sepele, jika dirasa sudah menganggu lebih baik di periksakan ya. Agar kalau ada penyakit penyakit tersebut jadi terdeteksi lebih awal.(Jft/IYAKAN)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...