15 June 2021

Angkasa Pura Tunda 15 Penerbangan dari 4 Maskapai

KONFRONTASI-15 penerbangan dari 4 maskapai di Bandara Juanda ditunda oleh pihak Angkasa Pura I. Empat maskapai yang dimaksud adalah Lion Air, Trigana Air, Kalstar dan Air Asia.

"Sebanyak 15 penerbangan itu ditunda, menunggu dokumen," kata General Manager Angkasa Pura I, Trikora Harjo ditemui di kantornya, Selasa 6 Januari 2015.

Setelah adanya peristiwa Air Asia QZ 8501, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menginstruksikan pesawat yang terbang harus memiliki persetujuan terbang.

Trikora menjelaskan instruksi itu langsung ditindaklanjuti oleh Otoritas Bandara, Air Navigation dan Angkasa Pura I. Di Bandara Juanda ada 4 maskapai dengan 15 penerbangan yang ternyata tidak mempunyai persetujuan terbang.

Persetujuan terbang menjadi syarat yang harus dipenuhi setiap penerbangan. Bentuknya berupa dokumen fisik. "Jadi dokumen persetujuan terbang secara fisik harus ada," kata Trikora. Maskapai yang ingin mengubah jadwal harus lebih dulu mengajukan ke Kementerian Perhubungan. Setelah izin turun baru bisa beroperasi.

Saat ini, kasus tidak adanya izin seperti yang dialami Air Asia QZ 8501 masih dalam proses investigasi. Tapi, Trikora enggan menjelaskannya lebih lanjut.[mr/tmp]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...