435 Rumah di Aceh Tenggara Rusak Diterjang Banjir Bandang

KONFRONTASI-Ratusan rumah, sarana ibadah, kantor desa dan unit sekolah di Kabupaten Aceh Tenggara rusak diterjang banjir bandang yang disertai longsor.

Banjir bandang disertai longsor mulai menerjang dua kecamatan yakni Lawe Sigala Gala dan Semadam sejak pukul 18.30 WIB. Akibat musibah ini 11 desa dilanda banjir dan tanah lumpur serta material yang turun dari wilayah pegunungan.

BPBD Aceh Tenggara belum dapat memastikan jumlah korban akibat banjir. Namun data sementara yang dapat disebutkan, 435 rumah di dua kecamatan mengalami kerusakan akibat terkena material banjir seperti bebatuan dan puing-puing kayu.

“Kerusakan parah dialami 130 rumah di dua kecamatan, yakni Kecamatan Lawe Sigala Gala dan Semadam. 95 rumah rusak sedang dan 210 unit rumah warga mengalami rusak ringan,” kata Yanti, Kasi Logistik Bidang Kedaruratan BPBD Aceh Tenggara, Rabu (12/4/2017).

Musibah ini juga menyebabkan dua orang warga sekitar merenggang nyawa akibat terbawa arus saan banjir bandang sedang berlangsung. Seorang wanita paruh baya ditemukan meninggal malam kemarin. Sedangkan siang tadi seorang balita juga ditemukan tidak bernyawa.

Tim Basarnas, BPBD dan aparat gabungan TNI/Polri sejak malam tadi juga telah melakukan penanganan darurat terhadap korban bencana. Rata-rata rumah warga di lokasi banjir tertimbun lumpur dan bebatuan serta kayu dari pegunungan.

Petugas hingga kini masih melakukan pendataan terkait jumlah korban jiwa dan material yang rusak. Sementara itu bantuan logistic makanan juga masih seadanya. BPBD Aceh Tenggara menargetkan besok akan mengirimkan mobil dapur umum di dua kecamatan tersebut.[mr/okz]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA