20 June 2018

Tanda-tanda Jokowi Calon Tunggal di Pilpres 2019

KONFRONTASI - Wakil Sekjen DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan sangat mungkin Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal pada Pilpres 2019.

Dia menyebut ada tiga faktor yang bisa membuat Jokowi jadi capres tunggal.

"Faktor pertama, tingkat elektabilitas. Jokowi sebagai petahana saat ini jauh lebih besar tingkat elektabilitasnya dibandingkan calon-calon lain," kata Eriko dalam diskusi bertajuk 'Jokowi, Pilpres dan Kita' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/3).

Faktor kedua, adalah ambang batas dukungan calon presiden alias presidential threshold yang mencapai 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pada Pemilu 2014 lalu.

"Partai-partai butuh berkoalisi. Sementara, saat ini sudah lima parpol menyatakan dukungan ke Jokowi," jelasnya.

Sementara yang ketiga, menurut Eriko, parpol memilih koalisi hanya pada sosok yang memiliki peluang menang paling besar.

"Yang lain mungkin menang tidak? Mereka tak akan ambil resiko mencalonkan yang kalah," selorohnya, sembari mengatakan bukan berarti berpikiran untuk mengarahkan Jokowi calon tunggal.

Dukungan parpol kepada Jokowi pada Pilpres tahun depan saat ini sudah lebih dari cukup. Dukungan datang dari PDIP, Partai Golkar, PPP, Partai Nasdem dan Partai Hanura.[ian/rml]

Category: 
Loading...