SBY Kecam Langkah Menteri Susi!

KONFRONTASI-Langkah tegas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menenggelamkan satu per satu kapal nelayan asing yang menangkap ikan di wilayah Indonesia rupanya tak cukup membuat mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono terkesan. Sebaliknya, Yudhoyono mengkritik langkah itu dalam rapat tertutup bersama seluruh kader Partai Demokrat Jawa Timur yang digelar 8 Februari 2015.

Kritik ikut didengar seorang tamu yang hadir dalam pertemuan itu dan dibenarkan Bendahara DPD Demokrat Jawa Timur, Sugiri Sancoko. "Ya, menyinggung soal itu (kebijakan Menteri Susi)," katanya, Senin 16 Februari 2015.

Sugiri sebatas menyampaikan bahwa secara umum SBY mengatakan bahwa sebetulnya yang paling sulit untuk dilakukan adalah mencegah kapal-kapal asing masuk untuk mengganggu kedaulatan Indonesia. "Menenggelamkan kapal nelayan asing adalah hal yang mudah," katanya.

Namun si tamu memaparkan bahwa dalam rapat itu, SBY mengingatkan, Indonesia dapat kehilangan banyak teman negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia gara-gara langkah itu. Itu sebabnya, Yudhoyono yang bicara dalam kapasitas Ketua Umum Partai Demokrat itu menambahkan, rezimnya tidak melakukan hal yang sama. "Karena sebetulnya banyak nelayan-nelayan kita yang masuk ke perairan negara tetangga seperti Myanmar, Vietnam."

Adapun yang pernah dilakukan pemerintah sebelumnya adalah mengusir dua kapal perang Malaysia yang masuk ke perairan Ambalat. Juga pembebasan kapal Indonesia yang dibajak oleh para bajak laut Somalia. "Kalau menenggelamkan kapal nelayan siapa saja juga bisa," ujar SBY.(tmp)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...