Poltracking: Khofifah-Emil Menang di Pemilih Generasi Milenial

Konfrontasi - Pemilih generasi milenial di Jawa Timur (Jatim) lebih banyak memilih pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak ketimbang Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Versi survei, suara Khofifah-Emil di generasi 'zaman now' mencapai 55,9 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengatakan 43,4 persen reponden dari kelompok milenial dengan usia rata-rata 21 sampai 25 tahun memilih pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018. Keduanya juga unggul pada pemilih pemula.

"Generasi Z usia 17-20 tahun, (Khofifah-Emil) suara mencapai 55,9 persen," kata Hanta dalam diskusi bertajuk "Peta Elektoral Kandidat Cagub-Cawagub Pilkada Jawa Timur 2018" di Jakarta, Minggu, 18 Maret 2018.

Menurut dia, peta dukungan yang mirip juga terjadi pada pemilih berdasarkan kelompok suku dan kelas sosial. Pada kelompok suku, Khofiffah-Emil didukung sebanyak 43,1 persen pemilih suku Jawa dan 43,5 persen pemilih suku Madura. 

Pada kategori pemilih berpendidikan SD, SMP, SM, hingga diploma, Khofifah-Emil unggul dengan perolehan 39 persen sampai 44 persen. "Sedangkan, Gus Ipul-Puti didukung sekitar 32 persen sampai 37 persen pemilih," ujar dia.

Pemilih dari sektor pekerjaan semisal kelompok buruh, nelayan, petani, pengajar, pedagang kecil, PNS, karyawan swasta, pejabat sampai ke mahasiswa juga lebih banyak menginginkan Khofifah-Emil. Keduanya juga menang berdasarkan tingkat penghasilan Rp250 ribu, Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp1 juta sampai Rp2 juta, dan Rp5 juta sampai Rp10 juta.

"Adapun Gus Ipul-Puti unggul di kategori penghasilan Rp2 juta sampai Rp5 juta," pungkas Hanta.

Survei Poltracking Indonesia ini digelar pada 6 sampai 11 Maret 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini sebanyak 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Jajak pendapat menjangkau 29 kabupaten dan 9 kota di seluruh Jawa Timur secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Stratifikasi survei adalah jenis kelamin pemilih. Pengumpulan data dilakukan melalui tatap mula dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. (mtv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA