Peneliti: Masyarakat Dikhawatirkan Sudah Tak Percaya KPU karena Bermasalah

KONFRONTASI- Para analis dan aktivis mengingatkan bahwa masyarakat sudah tidak percaya lagi pada KPU era Presiden Joko Widodo karena kasus 17 juta DPT bermasalah, KPU  tidak jurdil, tidak transparan dan banyak kecurangan serta ketidakberesan di mana -mana secara telanjang. Semua itu membuat akumulasi ketidakpercayaan rakyat pada KPU meninggi.

Demikian pandangan  peneliti F.Reinhard dari the New Indoneia Foundation dan Indonesian Research Group dan peneliti CIDES
Mochammad Sa'dun Masyhur. Kedua peneliti itu sangat prihatin dengan kinerja KPU yang kacau balau.  ''Mustinya KPU harus bertindak lebih cepat, transparan, dan profesional. Banyaknya kecurangan yang masif dan jelas-jelas terjadi di depan mata, harus segera ditiindak sesuai aturan hukum yang berlaku,'' kata Reinhard.

Menurut Sadun, aparat keamanan harus didudukan sebagai bagian penyelenggara yang netral, dan tidak terlibat hal-hal teknis dalam perhitungan suara. KPU harus mengembalikan kepercayaan masyarakat yang sudah terlanjur rusak dan sangat terkoyak. (FF)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...