17 July 2018

Kritik Amien Rais ke Jokowi Dianggap Tendensius

KONFRONTASI - Pengamat politik Ari Junaedi menilai wajar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meluapkan kekesalannya kepada Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais yang dianggap asal bunyi terkait kritikan yang ditujukannya kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya rasa wajar Pak Luhut bicara begitu. Sebagai orang di ring satu Jokowi yang merasa sudah bekerja dengan baik, dituduh tanpa dasar oleh Amien," ujarnya Rabu (21/3).

Ari pun menilai kritik yang diberikan Amien tidak berdasar dan tendensius, yang justu mengarah pada kepentingan politik.

"Ada target politik yang dimainkan yakni menurunkan kredibilitas Jokowi," ujarnya.

Kemudian, kata Ari, jika ingin jujur dan obyektif, mantan ketua PP Muhammadiyah itu bisa meminta anak buahnya untuk mengecek secara langsung sertifikat tanah yang dibagi-bagi Jokowi benar adanya atau bodong.

"Pembelaan Luhut tentu ada benarnya. Sebagai orang dalam Jokowi, Luhut tentu tahu benar mana yang hasil kerja dan mana yang "ngibul"," tandasnya.

Menko Kemaritiman Luhut B. Panjaitan sebelumnya menepis tudiangan tokoh bangsa Amien Rais yang mengkritisi Presiden Joko Widodo mengenai pembagian sertifikat tanah. Luhut marah besar atas pernyataan yang dilontarkan Amien yang menyebut pembagian sertifikat oleh Jokowi adalah ngibul atau bohong.

Luhut juga tidak terima tudingan Amien bahwa pemerintah membangkitkan kembali PKI, termasuk pemerintah berniat menjual aset negara ke swasta dan asing.

Atas tudingan-tudiangan tersebut, Luhut memperingatkan politisi senior PAN itu agar lebih berhati-hati dalam bertutur kata. Bahkan, Luhut juga sempat melontarkan kalimat ancaman kepada Amien.

"Jangan asal kritik saja, nanti kamu jadi pejabat saya tahu kok track record kamu. Saya bisa cari dosamu, emang kamu siapa?" ujar Luhut.[ian/rml]

Category: 
Loading...