Khofifah-Emil Unggul dari Gus Ipul-Puti Guntur

Konfrontasi - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, unggul dibandingkan lawannya, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

Keunggulan Khofifah yang berpasangan dengan Emil itu berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia, yang dirilis Minggu, 18 Maret 2018.

"Khofifah-Emil Elestianto Dardak sebesar 42,4 persen. Sementara Saifullah Yusuf-Puti Guntur 35,8 persen," ujar Direktur Poltracking Hanta Yuda, di Hotel Saripan Pasific, Jakarta, Minggu 18 Maret 2018.

 

Cagub dan Cawagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Dardak (kiri)

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Kedua pasangan ini memiliki perbedaan suara 6,6 persen. Angka itu menurut Hanta terbilang kecil. Jadi masih bisa berubah, apalagi masih ada beberapa bulan ke depan untuk menggenjot suara.

Hanta juga mengingatkan ada angka 21,8 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab. Maka faktor yang belum memilih ini akan menentukan siapa yang menang di Jawa Timur nantinya.

"Belum bisa diprediksi pemenangnya karena masih tipis," kata Hanta.

Cagub dan Cawagub Jawa Timur, Saifullah Yusuf (kanan) dan Puti Guntur Soekarno (kiri)

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

Dalam survei ini juga sejumlah simulasi dilakukan. Termasuk model top of minddengan pilihan pertanyaan siapa kandidat gubernur yang dipilih secara spontan. Khofifah 36,0 persen, sementara Saifullah Yusuf 31,3 persen. Sementara yang tidak tahu 30,6 persen, dan lainnya 2,1 persen.

Survei dilakukan dari 6-11 Maret 2018. Dengan metedologi multi state random dengan sampel 1.200. Adapun margin of eror lebih kurang 2,8 persen. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA