20 June 2018

Jika Direstui SBY, Demokrat Siap Masuk Kabinet Kerja

Konfrontasi - Seiring mencuatnya isu reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo, Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat mengaku siap masuk anggota kabinet jika mendapat restu dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kader itu anak buah SBY, jadi taat apa yang ditugaskan ketua umum. Kalau ketua umum oke maka sebagai kader siap ditempatkan di mana saja," ujar Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul kepada wartawan di Surabaya, Minggu (10/5).

Menurut dia, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo sehingga partainya tidak akan mencampuri urusan pemerintah pusat, khususnya terkait isu perombakan kabinet.

"Joko Widodo sebagai Presiden yang tahu dan kami tidak mengomentarinya. Kalau memang memerlukan kader Demokrat, silahkan berkomunikasi dengan ketua umum," kata Anggota DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019 itu.

Ruhut mengaku pernah ditawari oleh Presiden sebagai salah satu yang duduk di kursi Kabinet Kerja karena perannya sebagai tim sukses Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden 2014.

"Tapi saya ini anak buahnya SBY dan tidak akan mengkhianatinya. Saya diminta membenahi partai terlebih dahulu dan siap menjalankan perintah ketua umum," tukas politisi yang juga artis sinetron tersebut.

Sementara itu, Ruhut Sitompul juga menegaskan bahwa SBY meminta kadernya untuk mendukung pemerintahan saat ini dan tidak melakukan gerakan yang berniat menjatuhkan di tengah jalan.

"Partai Demokrat sebagai penyeimbang di pemerintahan. Setiap kebijakan yang pro-rakyat pasti didukung, tapi jika ada yang keliru maka kewajiban kami memberi solusi," ucapnya. (mg/ant)

Category: 
Loading...