Jangan Minum Kopi Berlebihan, Ini 5 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Membuat Kita Mudah Terserang Kanker

KONFRONTASI - Kebiasaan minum kopi di pagi hari banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki kesibukan beraktivitas di pagi hari
Minum kopi di pagi hari memang membuat kita jadi melek dan lebih siap untuk menjalankan sederet aktivitas yang banyak.
Namun, kebiasaan yang satu ini justru bisa membuat risiko kita terkena Kanker lebih besar, lho! Apalagi sinyal telah memperingatkan pada peminum kopi yang berlebihan kadarnya. Seperti terasa kepala pusing, jantung berdebar, tubuh gemetaran dll. Maka segeralah hentikan kebiasaan minum kopi yang melewati batas kemampuan tubuh. Minumlah kopi menurut kadar yang tubuh kita mampu menerimanya, jangan sampai di luar batas kapasitas tubuh mampu mengolahnya menjadi energi. Salah-salah kebanyakan minum kopi malah jadi racun dan merusak tubuh hingga menimbulkan kanker.
 
Harus kita tahu kalau Kanker bisa disebabkan oleh gaya hidup kita yang kurang sehat.
Selain minum kopi, ada beberapa kebiasaan lain yang kita lakukan di pagi hari yang justru bisa membuat kita lebih rentan akan Kanker.
Nah, berikut gaya hidup kurang sehat yang biasa kita lakukan pada pagi hari ini yang membuat tubuh jadi rentan terhadap Kanker!
 
1. Tidak Sarapan
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan meningkatnya risiko kematian akibat penyakit peredaran darah dan Kanker pada perempuan maupun laki-laki.
Japan Collaborative Cohort (JACC) Study for Evaluation of Cancer Risks melakukan penelitian tersebut di Jepang.
Enggak sarapan juga dihubungkan dengan penyebab lain yang bisa menambah kemungkinan terkena Kanker seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, durasi tidur, status perkawinan, jadwal kerja, asupan energi total, waktu makan malam, dan frekuensi makanan ringan.
 
2. Minum minuman panas
 
WHO mengatakan bahwa minuman panas seperti kopi, teh dan cokelat termasuk dalam daftar penyebab Kanker.
Badan Internasional untuk Riset Kanker (IARC), terdiri dari 23 ilmuwan dari 10 negara, mengkaji sekitar 1.000 studi yang menyelidiki hubungan antara minuman dengan suhu tinggi dan potensi keterkaitannya dengan Kanker.
Berdasarkan bukti yang ada, mereka menyimpulkan bahwa meminum minuman yang sangat panas dikaitkan dengan risiko Kanker kerongkongan yang lebih tinggi.
Minuman panas yang dimaksud ialah yang bersuhu 65 derajat celcius.
 
3. Bangun tidur di depan TV
 
Seseorang yang terbiasa tertidur di depan TV atau komputer, lalu masih terbangun dengan kondisi TV yang masih menyala, bisa berisiko terkena Kanker.
Studi menunjukkan bahwa mengekspos tubuh ke TV pada malam hari meningkatkan risiko Kanker tertentu, seperti payudara dan prostat.
Penelitian ini dimuat dalam jurnal Environmental Health Perspectives.
 
4. Mengonsumsi daging yang dimasak dengan enggak tepat
 
Mengonsumsi daging yang dimasak dengan suhu sangat tinggi pun berisiko terkena Kanker, terutama saat dikonsumsi di pagi hari.
Masakan daging seperti itu bisa menghasilkan HCA (amina heterosiklik) dan PAH (hidrokarbon aromatik polisiklik), bahan kimia yang telah terbukti menyebabkan perubahan pada DNA yang dapat meningkatkan risiko Kanker.
Penelitian pada hewan menyebabkan perkembangan tumor di payudara, usus besar, prostat, dan organ lainnya.
 
5. Tidak pakai sunblock/sunscreen
 
Terkadang banyak yang melupakan hal penting ini di pagi hari, terutama saat cuaca mendung atau matahari belum terik.
Padahal, memakai sunscreen/sunblock penting banget untuk mencegah Kanker kulit.
Saat cuaca mendung misalnya, sebetulnya radiasi ultraviolet masih sampai ke bumi sekitar 40%.
Untuk mendapatkan manfaat penuh, kita bisa aplikasikan sunscreen sekitar 15 sampai 30 menit sebelum menuju ke luar ruangan.
Kita juga sebaiknya mengaplikasikan kembali setiap dua jam, atau setelah berenang maupun berkeringat.
Sunscreen yang disarankan ialah yang mengandung SPF paling kecil 30 ya.
 
6.Merokok.
 
Rokok menyebabkan kanker seperti kanker mulut, faring (tenggorokan atas), hidung dan sinus, laring (kotak suara), kerongkongan (pipa makanan), hati, pankreas, lambung, ginjal, usus, ovarium, kandung kemih, leher rahim, dan beberapa jenis kanker darah seperti leukemia. Sebuah penelitian di Inggris, yang disebut "Cancer Research UK" mengungkapkan merokok adalah penyebab terbesar penyakit kanker. Dan ini sesungguhnya masih dapat dicegah, jika segera berhenti merokok. Mengapa? Bahan kimia dalam asap rokok memasuki aliran darah dan mempengaruhi seluruh tubuh manusia. Inilah yang membuat anggapan rokok menyebabkan kanker bukan sekadar gurauan.
 
Demikianlah beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan di pagi hari yang dapat memicu tubuh terkena Kanker.
Sebaiknya hindari dan ubah kebiasaan tersebut dari sekarang, ya! (Jft/SERAMBINEWS)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...