20 June 2018

Hindari Perpecahan, Marzuki Alie Mengundurkan Diri Dari Calon Ketum Demokrat

Konfrontasi - Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie menegaskan, dirinya mengundurkan diri dari pencalonan sebagai ketua umum demi menghindari terjadinya perpecahan partai.

Marzuki kepada pers disela-sela Kongres Ke-IV Partai Demokrat di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5), mengungkapkan, keputusan itu mempertimbangkan kondisi internal partai.

Selanjutnya, mantan Ketua DPR ini mendukung Ketua Umum DPP Partai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melanjutkan kepemimpinannya di Demokrat sebagai ketum untuk periode 2015-2020.

"Dukungan ini untuk mengantisipasi isu pembelokan dukungan di luar kepentingan Partai Demokrat," katanya.

Dia menyatakan, pembelokan itu harus diantisipasi. Dia juga mengajak seluruh kader dan pengurus partai untuk mendukung SBY.

Marzuki mengemukakan, bergabung dengan Partai Demokrat (PD) pada 2003. Saat itu dia diajak SBY untuk berjuang membangun PD.

"Alhamdulillah perjuangan itu berhasil, SBY menjadi presiden dan terus kita kawal hingga dua periode," katanya.

Dia mengatakan, kongres adalah hajatan internal partai setiap lima tahun, kecuali ada hal-hal khusus sehingga harus dilakukan kongres luar biasa.

Terkait Kongres Ke-IV PD di Surabaya, dia mengatakan, telah melalui perjalanan panjang mendengar aspirasi.

"Saya dengan ikhlas mengajak semua kader agar kongres berjalan baik dengan mengambil keputusan terbaik bagi Partai Demokrat serta berkontribusi positif bagi bangsa dan negara," katanya.

Dia juga berharap dalam mengesahan tata tertib kongres agar dapat berjalan baik dan lancar namun tetap berpegang pada nilai demokrasi yang dijunjung PD serta dicontohkan oleh SBY sebagai ikon demokrasi Indonesia yang menjadi contoh dunia.

"Jangan contoh baik itu dinafikan. Proses pembahasan kami minta berjalan baik dan tertib," katanya.

Setelah memperlihatkan kondisi internal, Marzuki kemudian menyatakan, dukungan kepada SBY ketum 2015-2020. Dukungan ini untuk mengantisipasi isu pembelokan dukungan di luar kepentingan PD dan pembelokan itu harus diantisipasi "Kami harapkan dukungan seluruh jajaran partai agar solid demi suksesnya kongres," katanya.

Dia berharap semua menciptakan suasana kondusif demi suksesnya kongres.

"Semua hiruk-pikuk kita akhiri dan kita doakan kongres dapat sukses dan mengantarkan bangsa ini ke arah lebih baik lagi," katanya.(rol/ar)

Category: 
Loading...