Dwi Soetjipto Siap Berantas Mafia Migas dan Wujudkan Mimpi Presiden Jokowi

KONFRONTASI- Meneg BUMN Rini M. Sumarno menyebut  pemberantasan mafia migas dan transparansi jadi tugas utama direksi baru Pertamina. Terpilih menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto berjanji akan mewujudkan mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan BUMN itu sebagai ujung tombak mewujudkan Indonesia berdaulat di bidang energi.

Bagi Dwi Soetjipto, menjadi bos pertamina adalah sebuah kehormatan besar yang disandangkan padanya. Ia pun berjanji akan memenuhi harapan-harapan yang selama ini diimpikan masyarakat untuk BUMN minyak dan gas (migas) tersebut.

"Dan dalam waktu yang sangat pendek, sebagaimana arahan Presiden, skala prioritas kami adalah menjadikan Pertamina sebagai ujung tombak untuk mewujudkan visi Bapak Presiden bahwa Indonesia bisa berdaulat di bidang energi," ujar Dwi di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Ia mengatakan akan melakukan peningkatan efisiensi dan produktivitas di seluruh lini bisnis Pertamina, baik dari hulu ataupun hilir. "Maka ke depan kinerja Pertamina bisa meningkat lebih baik lagi," katanya

Ia menjelaskan pihaknya juga akan menerapkan cara-cara khusus baik pendekatan melalui sistem maupun teknologi, agar penyaluran bahan bakar minyak (BBM) subsidi tepat sasaran, serta tidak terjadi kebocoran lagi.

"Direksi Pertamina juga sadar bahwa kami bertanggunjawab terhadap BBM bersubsidi benar-benar tepat sasaran, kami akan menerapkan cara-cara khusus baik pendekatan sistem maupun teknologi, agar kita bisa mencegah kebocoran yang terjadi," jelasnya

Dwi akan mereview berbagai titik yang menjadi sorotan masyarakat selama ini. Termasuk yang berkenaan dengan supply-chain yang lebih baik. "Termasuk kami harus mereview supply-chain yang lebih baik, antaraspot dengan kontrak jangka panjang-menengah, termasuk storage capacity agar proses suppply-chain ini bisa dikelola lebih optimum ke depan," tuturnya.

SIAP BASMI  MAFIA

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) resmi menunjuk Dwi Soetjipto menjadi orang nomor satu di PT Pertamina (Persero). Dwi Soetjipto siap tanggulangi mafia migas.

"Dulu saya juga sempat sampaikan yang berkaitan dengan pemilihan SKK Migas, bahwa harus ada satu visi untuk tanggulangi mafia. Harus bekerja dengan erat selesaikan masalah ini," ujar Menteri ESDM, Sudirman Said di Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Sudirman menilai, adanya mafia migas bukan terjadi karena peran individu. Timbulnya mafia migas, ungkap dia, karena adanya suatu sistem terorganisir.

"Mafia itu sistem bukan orang perorangan. Semua itu harus dilihat setiap lembaganya. Kita harus kerja keras dalam tim dan satukan visi," ujar dia.

Direktur Utama (Dirut) Terpilih PT Pertamina Dwi Soetjipto sanggup memberantas mafia migas. Dwi, kini bahkan telah membuat pemetaan lebih jelas mengenai mafia migas.

"Kami akan mapping proses apa yang bisa masuk pada best practice, internasional, dan domestik," ujar Dwi di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Dwi mengatakan akan membuat prioritas utama berkaitan mafia migas, yang menggerogoti industri perminyakan di Indonesia. "Kalau masih ada yang belum best practice akan kita transformasikan ke sana. Kami akan laksanakan pengkajian dan menentukan prioritas kedepannya gimana," jelas dia.

Sementara mengenai Blok Mahakam, ia mengatakan masih terus mempelajari. "Berikan kami waktu beberapa hari untuk bicara dengan kawan-kawan," terang dia.(k/berbagai sumber)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...