25 September 2018

Dana Kampanye Paslon Pilkada Serentak Variatif, Mulai Dari Rp100 Ribu

Konfrontasi - Hasil kajian Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) memerlihatkan dalam laporan dana kampanye yang berasal dari calon petahana menunjukkan tidak selalu dalam jumlah besar atau kecil. 

Dana awal kampanye dalam jumlah yang paling kecil juga dilaporkan oleh sebagian pasangan calon petahana. Dan dana awal yang dilaporkan oleh pasangan calon paling besar juga sebagian oleh calon petahana. 

"Misalnya petahana yang melaporkan dana awal kampanye sangat kecil itu untuk Pilkada Kabupaten Lima Puluh Kota (Sumatera Barat). Paslon Asyirwan Yunus-Ilson Cong hanya mencantumkan Rp 100 ribu. Demikian juga paslon petahana untuk pilkada Kota Blitar (Jawa Timur), Muh Samanhudi-Anwar-Santoso, melaporkan dana awal kampanye Rp 100 ribu," ujar Koordinator JPPR Masykurudin Hafidz, Minggu (20/9/2015).

Pada pilkada Bengkulu Utara paslon petahana Mian-Arie Septia Adinata menurut Masykurudin melaporkan dana awal kampanye Rp 200 ribu. Sama dengan paslon petahana Kabupaten Jembaran (Bali) I Putu Artha-I Made Kembang Hartawan. Sementara untuk pilkada Bantul (Yogyakarta) paslon petahana Sri Surya Widati-Misbakhul melaporkan dana awal kampanye Rp 500 ribu.

"Ada beberapa petahana yang melaporkan dana awal kampanyenya cukup besar. Misalnya paslon Bambang M Yasin-Arifuddin untuk pilkada Kabupaten Dompu (NTB) dana awal kampanyenya Rp 509 juta," ujar Masykurudin.

Untuk Kota Banjarbaru (Kalimantan Selatan), paslon petahan Ruzaidinnoor-Fitri Zamzam melaporkan dana awal kampanye Rp 600 juta lebih, di Kabupaten Sleman (Yogyakarta) paslon petahana Yuni Satya Rahayu-Danang Wicaksana Rp 1,4 miliar. 

Untuk pilkada Kepulauan Riau kata Masykurudin, paslon petahana Muhammad Sani-Nurdin Basirun melaporkan dana awal kampanye Rp 915 juta. Sementara paslon petahana untuk pilkada Indramayu (Jawa Barat) Anna Sophanah-Supendi melaporkan dana awal kampanye Rp 7.98 miliar. (jpnn/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...