Ahok Sedang Bermanuver, PDI Perjuangan Diminta Hati-hati

KONFRONTASI - Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebenarnya sedang bermanuver dengan menggandeng Kepala BPKAD DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk maju lewat jalur perseorangan.

Karena menurutnya, hal itu merupakan strategi cerdas Ahok untuk menarik ulur minat partai politik yang akan menggandeng dirinya.

Sehingga, semakin mendekati batas akhir pendaftaran ke KPU DKI Jakarta, semakin tinggi daya tawa Ahok. Terlebih partai politik tidak memiliki calon yang mampu melawannya.

"Jadi semakin Ahok ribut independen, Ahok semakin populer. Partai politik pasti melakukan penawaran. Akhirnya, Ahok bisa mengatur partai," kata Hendri, Selasa (8/3), seperti dilansir RMOLJakarta.

Untuk menghindari hal tersebut, kata Hendri, partai politik, khususnya PDI Perjuangan harus mencari tokoh seperti Joko Widodo (Jokowi) yang dekat dengan rakyat dan partai politik.

Menurut Hendri, PDI Perjuangan memiliki kader seperti itu, seperti Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini. Dia pun yakin apabila PDI Perjuangan memajukan mereka berdua, Ahok pasti kalah.

"Itu harus dilakukan. Kalau tidak ini berbahaya. Hasil survei 60 persen tidak percaya terhadap partai politik. Apabila Ahok menang independen, tidak menutup kemungkinan daerah lain mengikutinya. Jakarta ini barometer politik nasional," pungkas Hendri.[ian/rm]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA