20 November 2019

Sudrajat, Pergi untuk Kembali

Oleh: Tb Ardi Januar

Pria yang ada di foto ini bernama Sudrajat ketika masih muda. Dia tumbuh besar di Cimalaka, Sumedang. Beranjak remaja, dia hijrah ke Kota Bandung untuk melanjutkan jenjang sekolah. Di Bandung, dia kenal dengan sosok perempuan bernama Sally Salziah.

Lulus sekolah, Sudrajat mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI. Sudrajat diterima menjadi siswa Akabri di Magelang. Sudrajat memang bercita-cita mengabdi untuk negeri.

Siapa sangka Sudrajat menjadi prajurit yang berprestasi. Dia berkesempatan hidup di Negeri Paman Sam. Dia belajar ilmu pemerintahan sipil di Harvard University. Kampus terbaik di muka bumi. Tak mudah untuk bisa sekolah di sana. Sudrajat berhasil menjadi salah satu mahasiswanya.

Sudrajat mengembara keliling dunia. Dia mengemban tugas sebagai atase pertahanan di London dan Washington. Dia ditugaskan ke Australia, Eropa, hingga menjadi duta besar Indonesia di China.

Bertahun-tahun mengemban tugas negara di kancah internasional, akhirnya dia kembali ke Indonesia. Setelah pensiun, dia memilih untuk berniaga. Dia konsisten mencari uang halal untuk menafkahi keluarga.

Kini, Sudrajat kembali ke kampung halaman untuk mengabdi. Dia ingin mewakafkan sisa usia dan membagikan ilmunya untuk membangun Jawa Barat. Sudrajat kembali dengan membawa setumpuk ilmu dan pengalaman. Dia sudah selesai dengan urusan hidupnya.

Sudrajat mengerti karakter orang Sunda. Sudrajat juga mengerti karakter orang China dan Amerika. Sudrajat ingin Jawa Barat maju dan berkembang seperti mereka. Mengubah paradigma isi kepala, memperbaiki sistem birokrasi, serta menata kampung dan kota menjadi lebih maju.

Sudrajat pergi, Sudrajat kembali. Ya, Sudrajat pergi untuk kembali.

Asyik...

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...