16 October 2018

Perpus Jaman Now Bikin Malas untuk Pulang

KONFRONTASI -   Pada tanggal 23 April 2018 lalu diperingati sebagai hari buku sedunia. Hari buku sedunia yang diadakan oleh UNESCO bertujuan untuk mempromosikan peran membaca,penerbitan, dan hak cipta. Berawal dari penulis Valencia, Vicente Clavel Andrés sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal 23 April dan di terbitkan buku pertama yang dibuat oleh toko buku di Catalonia. Tak hanya menghargai jasa Miguel, hari tersebut juga menghargai hari kematian William Shakespeare dan hari lahir Inca Garcilaso de la Vega yang merupakan seorang penulis ternama di dunia.

Kegiatan membaca biasanya dilakukan di perpustakaan karena banyak buku dan referensi tersedia. Namun di jaman modernisasi ini perpustakaan kurang di minati dan dikunjungi lantaran smartphone memberikan fasilitas yang mempermudah pengguna untuk membaca buku. Pun begitu, perpustakaan tetap berdiri kokoh dan siap menjadi tempat membaca , mengerjakan tugas dan mencari bahan referensi seperti perpustakaan UPN Veteran Jawa Timur.

Beberapa waktu lalu perpustakaan UPN Veteran Jawa Timur mengupgrade fasilitas yang ada seperti di lantai 2 dan 3 terdapat sofa baru yang membuat pengunjung perpustakaan semakin nyaman ketika duduk. Buku-buku yang ada di lantai 3 juga banyak yang di perbarui sehingga mempermudah mahasiswa dan mahasiswi untuk mengerjakan tugas. Dan juga fasilitas seperti ruangan yang ber-AC, Wi-fi serta Televisi juga membuat mahasiswa dan mahasiswi semakin betah dan tidak merasa jenuh di perpustakaan selagi mengerjakan tugas yang diberikan dosen.

Seperti halnya Nilawati, mahasiswi UPN Veteran Jawa Timur Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Manajemen angkatan 2016 yang mengaku dalam seminggu ia bisa 3x untuk mengunjungi perpus. Nila mengatakan bahwa ia merasa nyaman karena ruangan yang ber-AC sehingga membuatnya terasa sejuk dan tidak pusing, “Aku hampir sering kesini sih mbak (perpus) karena ruangannya yang ber-AC jadi gak bikin panas dan adem banget dan kalau baca buku manajemen di lantai 3 jadi enak. Dan karna itu juga mbak aku jadi males pulang padahal rumahku deket hehe.”

Lebih dari Nila, Nadia Devi mahasiswi UPN Veteran JATIM angkatan 17 jurusan Akuntansi mengaku setiap hari mengunjungi perpustakaan mulai dari jam 12.00-17.00. Nadia mengungkapkan kesenangannya mengunjungi perpustakaan lantaran ia merasa semua lelahnya hilang setelah ia menonton TV di lantai 2 yang merupakan salah satu fasilitas di perpustakaan. Sama seperti Nila, Nadia juga nyaman dengan ruangan yang ber-AC karena udara yang sejuk mengingat udara Surabaya yang cukup panas, “Fasilitas perpus UPN itu enak banget mbak. Kalau di beri rating 1-10 aku bakalan milih 1000 hehehe. Karena disini itu beneran nyaman banget, ada TV, setiap lantai AC-nya banyak, Wi-fi juga ada, sofa nya empuk banget sampai kadang bikin pengen tidur mbak dan bikin males pulang hehehehe. Trus kalau perpus universitas dan tempat lain jarang ada yang sleengkap UPN mbak hehe.” ujar Nadia dengan bergurau.

Harapan dari Nila dan Nadia sebagai mahasiswi yang sudah merasakan kenyamanan mengunjungi perpustakaan UPNV JATIM ialah agar seluruh mahasiswa dan mahasiswi juga sering berkunjung ke perpustakaan agar mereka juga bisa mengunjungi fasilitas yang tentunya membuat mereka betah membaca dan mengerjakan tugas. Selain itu, Nila dan Nadia juga berharap semoga fasilitas perpustakaan semakin lama semakin baik mengingat kebutuhan mahasiswa juga semakin berkembang.(Jft/Aktual)

 

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...