Kontak dengan Realitas Senantiasa Diperlukan Guna Test Fakta

Zaman Covid 19 yang sudah masuk tahun kedua ini, lama-lama bikin orang diskonek dengan apa yang terjadi di luar. Apalagi yang memilki sakit bawaan, bikin malas keluar dan membatasi kontak dengan orang banyak. Akibatnya tidak tahu apa yang terjadi di luar. 

Tadi saya menjenguk teman. Dia bilang, ceritalah apa yang terjadi di luar sana. Maksud dia, dia ingin tahu berita apa yang terjadi dan berkembang di masyarakat. Saya bilang, situasi makin tak beradab. Sekarang orang makin tak ada pegangan moral. Termasuk dalam politik. Partai orang saja yang ada penunggunya, dijambret. Demikian juga dalam dunia yang lain, seperti usaha, lapak jabatan, dst. Jangankan itu, tusuk hidung buat test covid pun dipalsukan dan digunakan lagi. Padahal itu harusnya sekali pakai. Orang sudah gelap mata mau cepat kaya dan cepat berkuasa.

Terpicu oleh kata-katanya yang diskonek dengan dunia luar, saya pun mampir ke Pondok Indah Mall sekedar test diri supaya tetap connecting dengan realitas.

Masuklah saya ke PIM 2. O, mak jang. Di dalam mall ternyaman di Jakarta ini, orang berjubel. Orang makan di pusat makanan yang terdapat di PIM 1 begitu ramainya. Tak ada protokol covid yang disakral-sakralkan itu. Tak ada puasa ramadhan yang disakralkan itu. 

Yang laki, yang wanita berjilbab hantam makan. Kulluhum ajma'in. Nggak yakin awak mereka lagi datang bulan itu. Soalnya ramai sekali yang makan. Inilah citra religius itu. 

Jadi rupanya apa yang kita perbincangkan di dunia medsos, acapkali tidak paralel dengan realitas di Mall sekalipun. Anda mungkin harus percaya, saat ini jilbab sudah menjadi salah satu ekspresi mode berpakaian tidak melulu terkait religiusitas. Oleh sebab itu, jika Anda lihat banyak yang hantam makan di bulan puasa, padahal ekspresi busananya jilbab yang dianggap sebagai code religius, sekarang definisi itu sudah bergeser. Jilbab hanya soal definisi penampilan cantik. Titik. Itulah sekarang.

~ Syahrul Efendi Dasopang

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...