Hambatan dan Kendala yang dihadapi Ummat/Rakyat dalam bidang Sosial-Ekonomi

OPINI- Setelah lebih dari 20 tahun menjadi Ketua Lembaga Ekonomi Islam, saya memahami berbagai kelompok Islam di Indonesia. Saya akrab dengan para Ulama dan tokohnya, baik yg terkait dg Ekonomi, politik, Sosial maupun dg budayanya. 

Sebagai pegiat ekonomi, saya dg para tokoh ekonomi Islam sering berkumpul, berbagai masalah ekonomi ummat saya ketahui langsung dr pelaku2 dan penentu2 kebijakan. Jadi saya paham akar masalah dan hambatan yg dialami pelaku2 ekonomi Islam dan para tokohnya.
Berdasarkan semua pengalaman, fakta dan data yg saya miliki, hal utama yg paling masalah adalah KOMPETENSI UMMAT ISLAM YANG SANGAT RENDAH. Secara individu memang ada yg hebat spt Pak Habibie, tp kehebatan individu2 itu masih jauh dr beban berat yg harus dipikul para tokoh tsb. Hal ini krn jumlah ummat Islam kita yg sangat banyak.
Sayangnya ummat Islam yg banyak ini hanya sbgn sangat kecil yg paham ajaran Islam dg benar, sbgn besar tdk paham dan tdk menjadikan ajaran Islam sbg cara hidupnya. 
Akibatnya ummat Islam makin mundur dan makin jauh dr ajarannya.
Salah satu cara membangkitkan ekonomi Islam adalah dg menjadikan ummat Islam paham benar pada ajaran Islam. Setelah paham, insya Allah akan mudah mengajak mrk mempraktekkan ajaran tsb dalam kehidupannya se-hari2. Insya Allah jika ajaran Islam sdh menjadi cara hidup se-hari2, maka otomatis akan tumbuh masyarakat yg madani. 

RI-AS-RRC

Diundangnya Prabowo oleh Menhan Amerika salah satu hasilnya adalah akan diadakannya Latihan Gabungan TNI dg Tentara Amerika. Ini mengkonfirmasi NKRI memilih Amerika sebagai mitra pertahanan, BUKAN MEMILIH CHINA.
Bocoran dari sahabat saya yg mengatur keamanan selama Menlu Amerika Mike Pompeo di Indonesia adalah Jokowi menyatakan akan ikut apapun arahan dari Amerika, termasuk akan menuruti tuntutan para demonstran. Kita lihat dan tunggu saja.

Indonesia dan AS, lewat pertemuan Jokowi dan Pompeo, membicarakan kerjasama di bidang pertahanan. Jokowi berpesan ke Pompeo agar kerjasama ini ditingkatkan. "Presiden juga menginginkan agar kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat meningkat," sebut Menlu Retno .

Ada kabar bocoran yg juga disampaikan ke saya adalah Habib Rizieq Shihab (HRS) insya Allah dalam waktu dekat akan kembali dari Saudi Arabia. Ada kabar HRS SUDAH DEAL dg Amerika, jadi keamanannya mungkin terjamin.Namun , jika beliau ''terbunuh'' misalnya, berarti Amerika atau China yg membunuhnya?. Misteri, masih misteri sekiranya hal ini terjadi. Kita tak tahu.

Sahabat saya yg  inteligensia memberitahu, konon bahwa para konglomerat hitam sedang mencari tempat mengungsi keluar negeri, juga oknum pejabat dan mungkin elite yg merasa terancam,  mereka sudah berusaha memindahkan dana cash dalam bentuk USD dan Rupiah. Intelijen sudah berhasil menangkap basah pesawat yg membawa uang cash  Total yg sudah ditangkap berjumlah puluhan Trilyun. Konon masih ada beberapa ratus Trilyun rupiah  yg mau dipindahkan keluar negeri, tapi tidak jadi karena digagalkan oleh aparat dan  intelijen kita.  Saat ini insya Allah semua dana aman didalam negeri.

Demikianlah analisis dan catatan kecil saya, semoga tak terlalu meleset/keliru. Bagaimanapun, secara bertahap kita dorong ummat Islam menerapkan ajaran agamanya dg baik dan kaffah. Nanti secara alamiah akan terbentuk masyarakat madani yg sejahtera, kompak dan selalu diberkahi Allah swt. Aamiin yra

Catatan Ir Imbang Djaja, alumnus Geologi ITB dan ARCO, USA/Netizen

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...