Daripada Ramai-ramai Sediakan Fasilitas Hand Sanitizer, Sediakan Sekalian Fasilitas Wudhu Yang Ramai dan Nyaman

Salah satu dampak wabah corona, bertaburannya dimana2 fasilitas hand sanitizer. Tidak hanya di rumah sakit, tapi juga di berbagai rumah penduduk yang disediakan secara sukarela.

Jika hand sanitizer hanya melulu pembersihan bagian tangan. Tapi tidak dengan wudlu. Selain bersih-bersih tangan. Muka juga dibersihkan. Kepala bagian depan kpl juga. Kaki juga. Bahkan kuping pun disunnahkan dibersihkan.

Wudlu memang ajaran paling menakjubkan dan ajaib. Ajaran ini tentang pentingnya secara rutin bersih-bersih wajah. Tangan. Kaki dan kepala bagian depan.

Bahkan sebelum wudlu, kumur-kumur disunnahkan. Kumur-kumur ini manfaatnya jelas mencegah mengendapnya virus di area mulut hingga kerongkongan. Ada lagi. Istinsyaq. Menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya berulang-ulang. Ini juga penting agar virus dan bakteri tidak menggangu area pernafasan.

Bayangkan. 5 kali sehari minimal bagi setiap muslim yang setia melakukannya. Jika sepanjang hari dia melakukan wudlu dengan urut-urutan seperti itu, maka betapa sehatnya mereka. Berapa cerahnya wajah mereka. Betapa segarnya mereka.[***]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA