Wenger Kecewa Politik Paksa Mkhitaryan Absen Bela Arsenal di Final Liga Eropa,

Konfrontasi - Arsene Wenger kecewa karena Arsenal tak akan tampil dengan kekuatan penuh saat melawan Chelsea di final Liga Eropa 2018-2019. Pasalnya, Gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan, memutuskan untuk absen pada laga yang akan berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Kamis 30 Mei 2019, dini hari WIB.

Pemain berpaspor Armenia itu absen karena alasan politis. Negara Mkhitaryan punya sejarah perselisihan dengan Azerbaijan dalam perebutan wilayah Nagorno-Karabakh setelah jatuhnya Kerajaan Rusia pada 1917. Menilik pada faktor keselamatan, maka Mkhitaryan pun memutuskan untuk tak ikut skuad Arsenal berlaga di Stadion Olimpiade Baku.

Wenger sebagai sosok yang membawa Mkhitaryan ke Arsenal pada musim dingin 2018 merasa hal itu tak perlu terjadi. Eks Pelatih Arsenal itu menyesalkan masalah politis bisa membuat pemain tidak berlaga di partai sebesar final Liga Eropa.

“Itu sesuatu yang seharusnya tidak terjadi dalam sepakbola. Di dunia modern, karena alasan politis Anda tidak bisa memainkan pertandingan sepakbola,” ucap Wenger, seperti yang dikutip dari CNN, Jumat (24/5/2019).

Kendati Mkhitaryan absen di partai puncak, tetapi Arsenal tak boleh menjadikan itu sebagai alasan untuk kalah dari Chelsea. Pasalnya, Arsenal memiliki misi penting di laga akbar itu. The Gunners –julukan Arsenal– harus menjuarai Liga Eropa demi berlaga di Liga Champions musim depan.

Jika gagal melakukannya maka Arsenal dipastikan akan berlaga di Liga Eropa kembali pada musim depan, setelah hanya menempati posisi lima pada klasemen akhir Liga Inggris. Hal itu tentu amat dihindari Arsenal yang butuh Liga Champions sebagai daya tarik mereka di bursa transfer musim panas 2019. Tanpa Liga Champions maka Arsenal akan kesulitan memikat para pemain bintang yang ingin dibeli untuk musim depan. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...