Tugas Berat Valverde Bikin Lawan ‘Memble’ Saat Hadapi Valencia

Konfrontasi - Tugas berat kembali akan dipikul Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona untuk membuat lawan ‘memble’ saat menjamu Valencia dalam lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Minggu (15/9/2019), 02:00 WIB.

Bertanya tugas tersebut disebabkan karena Barcelona masih belum bisa diperkuat oleh bomber andalannya, Lionel Messi.

Barcelona bahkan diprediksi kembali bakal kesulitan menang, tanpa Messi yang masih harus menjalani perawatan kaki kanan. Maklum, tim asal Catalan tersebut masih sangat bergantung dengan La Pulga, julukan Messi. Buktinya, dari tiga laga pembuka tanpa Messi, Barcelona hanya bisa meraih satu kemenangan atas Real Betis (5-2) dan sisanya bermain imbang melawan Osasuna (2-2) serta kalah 0-1 dari Athletic Bilbao.

Valverde bahkan tidak punya keahlian dalam mengutak-atik strategi di lini depan Barcelona saat Messi dibuat ‘mati kutu’ oleh lawan.

Hal itu diperlihatkan saat La Pulga tidak bisa berbuat banyak dalam dua musim terakhir di Liga Champions, melawan AS Roma dan Liverpool. Ditambah lagi dengan keroposnya lini pertahanan Barcelona yang selama ini menjadi sorotan.

Kondisi itulah yang membuat Valverde bakal mendapat tugas berat untuk membuat Valencia ‘memble’ alias pulang dengan kekalahan, seperti diakui Messi, merujuk bertambah kuatnya tim-tim lain.

“Semua rival Barcelona mendatangkan pemain yang mereka perlukan,” ujar Messi, dikutip El Mundo Deportivo.

“Atletico Madrid telah membangun skuat yang luar biasa dengan mendatangkan pemain yang sangat hebat. Mereka tampak seperti dilemahkan karena kehilangan Antoine Griezmann, namun yang terjadi justru sebaliknya. Real Madrid juga melakukan hal yang positif di bursa transfer. Mereka mendatangkan pemain penting seperti Eden Hazard. Semua tim telah lebih kuat, karena itu persaingan akan semakin sengit dan tugas pelatih semakin berat,” jelas La Pulga yang kemungkinan baru bisa bermain saat melawan Borussia Dortmund di Liga Champions, tengah pekan mendatang.

Beruntung, Luis Suarez sudah pulih dan bisa bermain pada laga nanti. Namun, kehadiran Suarez untuk kembali berduet dengan Griezmann, tidak membuat Valencia gentar. Apalagi Valencia juga sama-sama butuh kemenangan demi mendongkrak posisi di papan klasemen.

Saat ini, Valencia berada di urutan 10 klasemen, dengan empat poin dari tiga laga. Selain itu, laga ini juga akan menjadi ajang pembuktian bagi Albert Celades yang baru saja diangkat sebagai pelatih, menyusul dipecatnya Marcelino García Toral, akhir pekan lalu.

Sebagai pelatih yang pernah memperkuat Barcelona pada era 1995-1999, Celades juga diyakini sudah mengenal dan memahami karakter permainan tim asal Catalan tersebut. Ditambah dengan catatan positif Valencia yang belum terkalahkan dalam tiga pertemuan terakhir melawan Barcelona.

Terakhir, Valencia sukses mengalahkan Barcelona 2-1 pada partai final Copa del Rey atau Piala Raja, 16 Mei lalu. Pun, Celades juga tidak ingin meremehkan pasukan Valverde di Camp Nou. Pada laga sebelumnya, Sabtu (14/9/2019) dinihari, Athletic Bilbao sukses menahan imbang tuan rumah Mallorca tanpa gol. (pskt/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...