Transfer Musim Dingin Liga Inggris Dibuka, Siapa yang Pergi di Januari?

Konfrontasi - Jendela transfer musim dingin Liga Inggris 2019/2020 sudah dibuka. Beberapa pemain bintang berpeluang pindah klub selama periode itu. 

Perusahaan di Inggris, Carteret Analytics, memberi saran kepada sejumlah klub Premier League agar melepas pemain bintangnya. Mereka membuat analisa 'nilai intrinsik' seorang pemain, dihitung dari biaya yang dikeluakan dan dampak yang diproyeksikan kepada klub. 

Data tersebut digunakan BBC Sports ketika membuat daftar pemain yang kemungkinan hengkang pada bursa transfer Januari 2020. Berikut lima pemain di antaranya-yang dianggap paling berpeluang pindah.

Berikut ulasannya: 

1. Paul Pogba (Manchester United)

Gelandang 26 tahun tidak mendapat cukup banyak tempat bermain di Manchester United. Pemain asal Prancis ini lebih sering berkutat pada masalah cedera engkel. Setan Merah disarankan menjual Pogba karena harga pasarannya yang masih tinggi. Carteret Analytics memprediksi Pogba layak dijual dengan harga 85 juta pound atau sekitar Rp1,5 triliun. 

2. Christian Eriksen (Tottenham Hotspur)

Pemain asal Denmark ini gagal mengangkat performa Tottenham Hotspur di musim 2019/2020. Menurut Carteret Analytics, Eriksen mengalami penurunan performa sampai 38,5% yang membuat harga pemain ini meyusut. Meski begitu, gelandang 27 tahun masih memiliki harga di kisaran 51,4 juta pound atau Rp939 Miliar. Terkait hal itu, pelatih Jose Mourinho pernah bilang begini: "Saya tahu persis bagaimana masa depan Eriksen."

3. Olivier Giroud (Chelsea) 

Ada anggapan yang menyebut Olivier Giroud tidak disukai pelatih Frank Lampard di Chelsea. Terutama karena penampilan Tammy Abraham dan Michy Batshuayi yang dianggap semakin menjanjikan.

Kontrak Giroud bersama The Blues akan berakhir musim panas tahun ini. Dengan koleksi hampir 80 gol di Premier League, tak sulit bagi Giroud mencari pelabuhan baru. Klub disarankan segera melepas pemain ini dengan harga 17 juta pound atau setara Rp310 Miliar. 

4. Lucas Torreira (Arsenal)

Pemain tim nasional Uruguay yang satu ini memulai debut cemerlang bersama Arsenal. Lambat laun, Torreira tidak kerasan bermain di sana. Gelandang agresif ini didatangkan dari Sampdoria, sehingga diyakini bakal kembali bermain di Serie A jika benar-benar hengkang. Adapun Napoli disebut siap memboyong pemain 23 tahun ini dengan mahar 37,85 juta pound atau setara Rp610 Miliar.

5. Cenk Tosun (Everton)

Mantan penyerang Besiktas gagal bersaing di lini depan Everton. Sejak diboyong pada Januari 2018 lalu, pemain tim nasional Turki cuma mencetak satu gol bagi The Toffees. Everton kemungkinan menjual sang pemain dengan harga 27 juta pound atau setara Rp493 Miliar. (snd/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...